Perancangan Aplikasi Pembelajaran Teknik Animasi 2D Untuk Pemula Berbasis Android

Daffa Dhiya Ramadhan, Agus Kodir Arifin, Ana Rusmardiana

Abstract


Bidang animasi merupakan salah satu bidang yang peluang kerjanya cukup banyak di industri kreatif, yaitu diantaranya yaitu di industri film, televisi, iklan, olahraga hingga video game. Karena peluang kerja yang luas, seorang animator harus memiliki kompetensi dasar yang baik dan memahami jenis animasi yang ingin ditekuni. Oleh karena itu pengetahuan mengenai jenis animasi yang ada, prinsip dasar animasi dan penggunaan storyboard merupakan sebuah fundamental yang harus dipelajari oleh setiap animator pemula untuk mempermudah proses pembuatan animasi. Dalam perancangan aplikasi ini peneliti menggunakan metode rapid application development. Aplikasi ini diterapkan pada perangkat smartphone berbasis android. Tujuan dari pembuatan aplikasi ini untuk menyediakan materi pembelajaran teknik animasi 2D yang membahas mengenai teknik dasar pembuatan animasi yang mudah diakses kapan saja dan dimana saja. Simpulan dari penelitian ini adalah dengan tersedianya aplikasi pembelajaran teknik animasi 2D untuk pemula berbasis android ini diharapkan dapat mememenuhi permintaan masyarakat terhadap aplikasi pembelajaran teknik animasi 2D yang dapat diakses secara mobile.

 

Kata Kunci: Aplikasi Pembelajaran, Teknik Animasi 2D, Android

 


Full Text:

PDF

References


Agustina, C. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Teknik Animasi 2 Dimensi Berbasis Adobe Flash untuk Siswa Kelas XI Multimedia di SMK Muhammadiyah Prambanan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Buchari, M. Z., Sentinuwo, S. R., Lantang, O. A. (2015) Rancang Bangun Video Animasi 3 Dimensi Untuk Mekanisme Pengujian Kendaraan Bermotor di Dinas Perhubungan, Kebudayaan, Pariwisata, Komunikasi dan Informasi. E-Journal Teknik Informatika, 6(1), 1-6. doi: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/informatika/article/view/9964

Dharmayanti. (2013). Rancang Bangun Aplikasi Learning Berbasis Android. Universitas Gunadarma.

Harahap, N. S. (2014). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet Pc Berbasis Android Revisi Kedua. Bandung: Informatika.

Hendriyani, Y., & Suryani, K. (2020). Pemrograman Android Teori dan Aplikasi. Pasuruan: Penerbit Qiara Media.

Rohmaniyah, E. (2020). Evaluasi Program Pembelajaran Boarding School Siswa Asrama Az-Zahrah di MTs Negeri 1 Pati Tahun Pelajaran 2019/2020. Institut Agama Islam Negeri Kudus.

Rosa A.S., & Shalahuddin, M. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek) Cetakan keempat. Bandung: Informatika Bandung.

Sanuaka, A. A., Ariawan, K. U., Sutaya, W. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Electronic Book (E-Book) Interaktif Multimedia dalam Mata Pelajaran Teknik Animasi 3D dan Teknik Animasi 2D di Jurusan Multimedia SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 6(1), 9-20. doi: http://dx.doi.org/10.23887/jjpte.v6i1.20226

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Septiana, R. (2019). Eduflash: Media Pembelajaran Dasar-Dasar Teknik Animasi 2 Dimensi Berbasis Android untuk Siswa Kelas XI Multimedia SMK Negeri 2 Sewon. Universitas Negeri Yogyakarta.

Tuilan, V. B. C., Rompas, P. T. D., Palilingan, V. R. (2019). Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Interaktif Berbasis Android Teknik Animasi 2D Di SMK. Jurnal Frontiers, 2(1), 95-108. doi: http://ejournal.unima.ac.id/index.php/efrontiers/article/view/1082/1024




DOI: https://doi.org/10.30998/jrkt.v3i01.8432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


         View My Stats