Perancangan Aplikasi Pemesanan Betools Hardware Pada PT Reckat Berbasis Flutter

Natasya Kaliza, Meri Chrismes Aruan, Wita Wulandari

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah dengan dibuatnya sebuah perancangan aplikasi pemesanan barang yang terkomputerisasi dengan  aplikasi berbasis Flutter yang mendukung proses berjalannya kegiatan reservasi barang dan pemesanan barang di BeTools Hardware, dengan menggunakan bahasa pemrograman Flutter, menggunakan editor VSCode, dan MySQL sebagai sistem pendukung untuk menyimpan database. Peranan teknologi informasi memiliki pengaruh yang sangat besar pada kehidupan manusia. Penambahan teknologi informasi dalam reservasi barang dan pemesanan barang akan menjadi hal yang menarik dan berbeda dari perusahaan yang lain. Pemanfaatan teknologi sangat tepat, untuk diimplementasikan guna memudahkan proses kerja. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam tugas akhir ini adalah metode Grounded and Research dalam bentuk observasi dan wawancara. Setelah penulis membuat suatu perancangan Aplikasi pemesanan barang, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa program ini dapat mempermudah kinerja karyawan terutama kasir dalam menjalankan tugasnya.

 

Kata Kunci : Perancangan, Aplikasi, Pemesanan, Flutter.

 

Abstract

The purpose of this research is to design a computerized goods ordering application with Flutter-based applications that support the process of ordering goods and ordering goods at BeTools Hardware, using the Flutter programming language, using the VSCode editor, and MySQL as a support system for storing databases. The role of information technology has a huge influence on human life. The addition of information technology in the reservation of goods, will be interesting and different from other retail entrepreneurs. The use of technology is very appropriate, to be implemented to facilitate the work process. The research method used by the author in this final project is the Grounded and Research method in the form of observation and interviews. After the author makes an application design for ordering goods, the author can draw the conclusion that this program can facilitate the performance of employees, especially cashiers in carrying out their duties.

 

Keywords : Design, Application, Order, Flutter


Full Text:

PDF

References


Hermawan Indra., dan Dian Ade Kurnia.,(2014).Sistem Informasi Pemesanan Paket Pengantin Berbasis WEB Pada Yuni Salon Duku Puntang Kabupaten Cirebon, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika STMIK - IKMI, Cirebon.

Mohamad Subhan, (2012). Analisa Perancangan Sistem: CV. Andi Offset, Yogyakarta.

Raharjo, Budi.(2019). Pemograman Android Dengan FLUTTER. Bandung: INFORMATIKA.

Safaat, N.[2012]. Android, Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC berbasis android. Bandung: Informatika Bandung.

Sukamto, R. A., dan Shalahudin, M. (2014). Rekayasa Perangkat LunakTerstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Pressman,R.S.(2015).Reekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I.Yogtakarta:Andi.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrkt.v2i03.7977

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


         View My Stats