Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan Biaya Pendidikan Pada SDN 03 Pagi Dengan Metode SAW

Asep Gunawan, Putri Dina Mardika

Abstract


Tujuan Penelitian yang dilakukan pada SDN Tanjung Barat 03 Pagi ini adalah untuk membangun sistem pendukung keputusan penerima bantuan biaya pendidikan, selain itu juga  memberikan kontribusi positif bagi pembangunan dunia pendidikan agar program bantuan biaya pendidikan bisa tepat sasaran. Metode penelitian yang digunakan dalam sistem pendukung keputusan bantuan biaya pendidikan adalah Simple Additive Weighting (SAW), yang menggunakan teknik pengumpulan data kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan metode pengumpulan data Dataset Statistik. Hasil penelitian menunjukan kriteria penerima bantuan biaya pendidikan yaitu penghasilan orang, tanggungan orang tua, kepemilikan tempat tinggal, dan kepemilikan kendaraan roda empat. Diperoleh kesimpulan bahwa perhitungan nilai bobot untuk setiap atribut dengan baik melakukan proses perankingan, berdasarkan hasil perhitungan yang diperoleh bahwa kriteria kepemilikan kendaraan roda empat memiliki bobot preferensi terbesar 50% yang memiliki pengaruh besar terhadap keputusan calon penerima bantuan biaya pendidikan.

 

Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Simple Additive Weighting, Bantuan Biaya Pendidikan, Website, dan MySQL.


Full Text:

PDF

References


Diar Puji. 2013. Membuat website powerfull menggunakan PHP. Yogyakarta : MediaKom.

Munawar. 2005. Unified Modelling Language (UML). Buku Pedoman Visual Dengan UML

Romney, Marshall B. dan Paul John Steinbart. 2014. Sistem Informasi Akuntansi.

Salemba Empat.Jakarta.

Sianipar. 2015. Pemrograman JavaScript Teori dan Implementasi. Cetakan Pertama. Bandung. Informatika Bandung.

Sri Kusumadewi, Sri Hartati, Agus Harjoko, & Retantyo Wardoyo. 2006. Fuzzy Multi Attribute Decision Making (FUZZY MADM). Yogyakarta : Graha Ilm

Turban, E. A., Aronson, J. E. dan Liang, T.P. 2011. Decision Support System and Intelligence System 7th Edition. Prentice Education International.

Yuhandri. 2018. Diagnosa Penyakit Osteoporosis Menggunakan Metode Certainty Factor. Jurnal Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi..




DOI: https://doi.org/10.30998/jrkt.v3i01.7782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


         View My Stats