Metode Sugeno Dalam Penilaian Siswa Terhadap Penerimaan Materi Ajar Matematika

Meri Chrismes Aruan

Abstract


Abstrak

Pendidikan adalah tanggung  jawab pemerintah, orangtua, guru/dosen dan masyarakat. Dimana sekolah sebagai lembaga formal yang berfungsi dan bertanggung jawab mengembangkan dan  mempersiapkan generasi muda yang berkualitas, mandiri, dan mampu  membangun bangsa di masa yang akan datang. Penilaian siswa terhadap pemahaman materi Matematika, ditentukan berdasarkan silabus pengajaran Matematika antara lain pemahaman tentang memahami  kesebangunan  bangun  datar  dan  penggunaannya dalam  pemecahan  masalah. Dengan tercapainya nilai yang bagus dalam proses pembelajaran, menunjukan pembelajaran dilaksanakan secara berkualitas. Di SMP Citra Dharma, evaluasi penilaian siswa terhadap penerimaan materi Matematika masih menggunakan sistem manual hingga memakan waktu yang lama dan dapat berdampak pada hasil yang kurang akurat. Untuk itu perlu di buat model penilaian siswa terhadap penerimaan materi Matematika berbasis komputer (soft computing)  menggunakan program Matlab R2012b dengan menggunakan metode Sugeno.

 

Kata Kunci : Pendidikan, Matematika, Metode Sugeno, Matlab, prototype.


Full Text:

PDF

References


Hamalik. (2015). Pendidikan Matematik. Jakarta: DEPDIKBUD.

Suharsimi. (2015). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Binaaksara

Handayanto. (2012). Penerapan Soft Computing Dengan Matlab. Bandung: Rekayasa sains.

Nazir Moh. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kusuma dewi. (2015). Analisis dan Desain Sistem Fuzzy Menggunakan Tool Box Matlab. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrkt.v2i02.6731

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


         View My Stats