Perancangan Aplikasi Tuntunan Tata Cara Wudhu Dan Sholat Berbasis Android

Susanah Susanah, Rendi Prasetya, Siti Marti'ah

Abstract


 

Dengan berbagai fitur dan aplikasi yang beragam menjadikan smartphone android tidak hanya digunakan untuk alat komunikasi saja, namun juga dapat digunakan untuk membantu berbagai keperluan manusia, seperti sebagai media hiburan dan alat bantu pembelajaran. Dengan segala kesibukan yang semakin banyak, menjadikan sebagian umat muslim kurang memiliki banyak waktu untuk membaca buku atau belajar ilmu agama, terutama ilmu tentang wudhu dan shalat, sehingga masih banyak umat muslim yang belum mengetahui tata cara wudhu dan shalat yang sesuai dengan tuntunan Al-Qur'an. 'sebuah. Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang memanfaatkan smartphoneandroid sebagai media pembelajaran alternatif. Adapun tujuan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah untuk merancang dan mengembangkan aplikasi tuntunan wudhu dan shalat dengan adanya beberapa fitur seperti gerakan wudhu dan manfaatnya, serta gerakan sholat dan bacaanya, dilengkapi surat-surat pendek Al-Qura'an dan menambah pembahasan-pembahasan yang dianggap penting yaitu kuis cerdas yang berkaitan dengan pembelajaran wudhu dan sholat di dalam aplikasi. Dari kegiatan penelitian ini akan dihasilkan sebuah aplikasi media pembelajaran alternatif mengenai tata cara wudhu dan shalat berdasarkan Al-Qur'an, yang nantinya dapat dijalankan atau digunakan pada ponsel yang memiliki sistem operasi android.

 

Kata Kunci : Tata cara Wudhu, Tata cara Sholat, Android

 

 


Full Text:

PDF

References


A. S., Rosa dan Shalahuddin, M. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Alfiansyah, Alif Nur. (2019) et al. APLIKASI TATA CARA WUDHU DAN SHOLAT BERBASIS ANDROID.

Andriyanto, Ryan. (2017) “Media Pengenalan Sholat Fardhu Berbasis Android (Studi Kasus: Taman Pendidikan Al Qur’an Masjid Al Moeladi Bantul).” Prodi Teknik Informatika UPY.

Bobby, Susanto. (2014) “Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli.

Herlinah, & Musliadi. (2019). Pemrograman Aplikasi Android dengan Android Studio, Photoshop, dan Audition. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Kuryanti, Sandra Jamu. (2015). “Perancangan Animasi Interaktif Tata Cara Pelaksanaan Wudhu Dan Sholat Wajib.” Jurnal Khatulistiwa Informatika, vol. 3, no. 2.

Muludi, Kurnia. (2015). “Squence Diagram.” Ilmu Komputer Unila Publishing Network, vol. 02, no. 01.

Nazir, Moh. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Satzinger, Jackson, Burd. 2010. System Analysis and Design with the Unified Process. USA: Course Technology, Cengage Learning.

Rahayu, Sri, and Putri Denenty. (2015). “Pengembangan Aplikasi Wudhu Dan Shalat Untuk Anak Menggunakan Sistem Multimedia.” Jurnal Algoritma, vol. 14, no. 2, pp. 606–12, doi:10.33364/algoritma/v.14-2.606.

R. A., & Shalahudin, M. (2014). Pengertian Use Case Diagram. Yogyakarta: Andi.

Sibarani, Niko Sumanda. (2018). “Analisis Performa Aplikasi Native Android Menggunakan Bahasa Pemrograman Java Dan Kotlin.” Researchget, vol.1, no. 1.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrkt.v2i01.6484

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


         View My Stats