Perancangan Aplikasi Edukasi Tumbuhan Berbasis Android

Ira Nitta Arsita, Akhmad Aris Tantowi, Agus Wilson

Abstract


 

Sistem informasi pada kehidupan sehari-hari sangat dibutuhkan karena perkembangan teknologi bermanfaat untuk memperoleh informasi yang lebih cepat dan akurat. Pada zaman modern ini baik anak-anak, remaja maupun orang tua cenderung menggunakan smartphone berbasis android dibandingkan dengan buku teks yang menurut mereka membosankan. Oleh karena itu disini penulis mencoba merancang dan membuat sebuah bentuk aplikasi edukasi tumbuhan berbasis android. Dikarenakan smartphone android merupakan perangkat komunikasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Perancangan aplikasi edukasi tumbuhan ini menggunakan metode air terjunyang terdiri dari beberapa tahapan-tahapan untuk mengembangkan sistem aplikasi tersebut. Tahapan-tahapannya yaitu Analisis kebutuhan, desain sistem, penulisan kode program, pengujian program dan penerapan program serta pemeliharaan. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi edukasi tumbuhan berbasis android yang sangat bermanfaat untuk semua kalangan terutama kalangan pelajar dan orang tua atau guru mampu mengajarkan anak-anak untuk memperkenalkan keragaman tumbuhan di Indonesia sejak usia dini. Berdasarkan pengujian aplikasi yang dibuat dapat diperoleh bahwa aplikasi edukasi tumbuhan berbasis android layak diterapkan untuk pembelajaran dan mendapatkan respons positif sebagai bentuk dukungan untuk pengembangan dunia pendidikan.

 

Kata Kunci : Android, Edukasi, Tumbuhan

 

 


Full Text:

PDF

References


Larasati, H., Masripah, S., Bsi, A., Merdeka, B. J., Tengah, B., Jl, J. R., Fatmawati, N., & Selatan, J. (2017). Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Pembelian Grc Dengan Metode Waterfall. Pilar Nusa Mandiri: Journal of Computing and Information System, 13(2), 193–198. http://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/pilar/article/view/237

Nur, H. (2019). Penggunaan Metode Waterfall Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan. Generation Journal, 3(1), 1. https://doi.org/10.29407/gj.v3i1.12642

Prabaningrum, H., Nugrho, A. S., & Kaswinarni, F. (2018). Keanekaragaman Tumbuhan Yang Berpotensi Sebagai Bahan Pangan Di Cagar Alam Gebugan Semarang. Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 5(2), 26–31.

Pratiwi, E. L. (2020). Konsep Dasar Algoritma Dan Pemrograman Dengan Bahasa Java (A. Pratomo (ed.)). https://books.google.co.id/books?id=crsmEAAAQBAJ&pg=PR7&dq=pengertian+flowchart&hl=ban&sa=X&ved=2ahUKEwiS34-HtIP2AhXoUWwGHY9YDgYQ6AF6BAgJEAI#v=onepage&q=pengertian flowchart&f=false

Santoso, S., & Nurmalina, R. (2017). Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas (Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut). Jurnal Integrasi, 9(1), 84–91. file:///C:/Users/user/AppData/Local/Temp/288-Article Text-911-2-10-20170502.pdf

Sembiring, E. B., Wahyuni, D., & Anurogo, W. (2018). Multimedia Interaktif Pengenalan Hewan Dan Tumbuhan Langka Menggunakan Model Tutorial. Journal of Digital Education, Communication, and Arts (Deca), 1(2), 103–112. https://doi.org/10.30871/deca.v1i2.839

Wijayanti, E., & Findawati, Y. (2017). APLIKASI EDUKASI PENGENALAN TUMBUHAN DAN HEWAN LANGKA UNTUK ANAK SD BERBASIS ANDROID (pp. 1–8). https://caridokumen.com/download/aplikasi-edukasi-pengenalan-tumbuhan-dan-hewan-langka-untuk-anak-sd-berbasis-android-_5a464977b7d7bc7b7aff0629_pdf

Yusuf, M. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo, 126.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrkt.v2i01.6481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


         View My Stats