Perancangan Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Android

Dhara Zaityar Ramadhanty

Abstract


 

Media pembelajaran yaitu sarana atau alat yang digunakan dalam proses interaksi yang berlangsung antara orangtua dan usia dini untuk mendorong terjadinya proses belajar mengajar dengan tujuan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, serta untuk memantapkan apa yang harus dan dipelajari untuk mencapai tujuan pembelajaran yang berkualitas. Informasi yang mendukung aktivitas dalam belajar kita sehari-hari saat ini dalah buku dan smartphoneyang berbasis android. Metode pembelajaran yang menggunakan buku yang dirasakan kurang menarik bagi anak usia dini, karena kurangnya imajinasi dari anak tersebut yang tidak membuat efek membosankan dan membosankan pada anak-anak. Peneliti membuat aplikasi sebagai sarana pembelajaran untuk anak usia dini yaitu media pembelajaran anak usia dini berbasis android mobile . Peneliti menggunakan metode air terjun dalam melakukan penelitian. Metode waterfall yaitu suatu proses perangkat lunak yang secara berurutan, dipandang sebagai terus turun ke bawah (seperti udara terjun) melewati fase-fase analisis, perancangan sistem, pengkodean, pengujian, laporan. Perancangan dan sistem pembangunan dilakukan dengan proses pembuatandiagram alur .

 

Kata Kunci : Pendidikan, Android, Media Pembelajaran Anak Usia Dini.

 


Full Text:

PDF

References


David. (2015). Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Android Menggunakan Metode Dastbaz Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Android Menggunakan Metode Dastbaz.

Dora et.al. (2015). Perancangan Aplikasi Game Edukasi Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Linear Congruent Method ( Lcm ) Berbasis Android. Jurnal Informatika Global, 6(1), 7–14.

Haryasena, J. A. (2013). Perancangan Game Edukasi Untuk Anak Usia Dini (4-6 Tahun) Berbasis Android.

Sari, D. M., & Rasjid, N. (2018). Membangun Aplikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah Berbasis Android Untuk Anak Usia Dini. Journal of Computer and Information System ( J-CIS ), 1(1), 19–26. https://doi.org/10.31605/jcis.v1i1.227

Setianto, H. A., & Arifin, A. (2016). Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Web untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Seminar Nasional Informatika Medis (SNIMed) VII, 54, 54–65.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrkt.v2i01.6480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


         View My Stats