Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Produksi Roti Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

Ramdhani Purwanto, Nilma Nilma, Sutan Mohammad Arif

Abstract


Perkembangan teknologi informasi khususnya internet tentu disambut baik dengan semua kalangan, salah satunya bahkan telah merambah kedunia industri sejak beberapa tahun terakhir. Sehingga hal ini menciptakan persaingan yang kompetitif diantara setiap lembaga industri. Umumnya kejadian yang sering terjadi pada industri adalah keterbatasan penilaian data yang di mulai dari pengolahan data untuk proses sistem pendukung keputusan. Penyeleksian atau penerimaan produk baru perlu ditentukan secara cepat dan tepat. Untuk menunjang efektivitas, produktivitas dan efisiensi dalam menyelesaikan masalah manajemen di PT. Indoroti Prima Cemerlang disusun suatu sistem pengelolaan data terkomputerisasi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem pendukung keputusan kelayakan guna meningkatkan produk roti dengan menerapkan metode simple additive weighting (SAW), sehingga dapat mengelola pelaksanaan penilaian kelayakan produk yaitu pendaftaran, seleksi dan pengumuman. Perancangan sistem pendukung keputusan kelayakan ini menggunakan pendekatan berorientasi objek yaitu dengan menggunakan Unified Modelling Language (use case diagram, activity diagram, class diagram, dan sequence diagram). Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan kelayakan produk roti yang dapat membantu perusahaan melakukan pemilihan produk roti sesuai dengan kelayakan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan.

 

Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Kelayakan Produk, Roti, Metode SAW, Berbasis Java


Full Text:

PDF

References


Darmawan, D., & Nur Fauzi, K. (2013). Sistem Informasi Manajemen. PT Remaja Rosdiakarya.

Jogiyanto. (2010). Analisis dan Desain Sistem (Edisi IV). Yogyakarta: Andi Offset.

Paryanta, A. (2014). Penerapan Metode AHP dan TOPSIS Sebagai Sistem Menentukan Kenaikan Jabatan Bagi Karyawan, Jurnal Ilmiah Go Infotect, 20.

Rizky, S. (2011). Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: Prestasi.

Efraim, T. (2010). Decision Support Systems and Intelligent Systems. Yogyakarta: Andi Offset.

Asnawati, Indra Kanedi. (2012). Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Pangkat Karyawan Perseroan Terbatas Pelayaran Kumafa Lagun Marina Bengkulu, Jurnal Media Infotama, 118-137.

Badriyah, Mila. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pusaka Setia.

Hartono, Bambang. (2013). Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer. Jakarta: Rineka Cipta.

Rinaldi, Arfan, M. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Trainer (Staf Pengajar) Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Studi Kasus Primaga English Johor. Jurnal Pelita Informatika Budi Darma, 98-102.

Silalahi, M., Sulaiman. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Jabatan Studi Kasus Gapeksindo Medan. Jurnal Pelita Informatika Budi Darma, 15-20.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrkt.v1i04.6159

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


         View My Stats