Penerapan Caesar Cipher Pada Absensi Dan Cuti Karyawan PT. Datacomindo Mitrausaha Berbasis Java

Ghanang Ilham Ramadhan, Salman Alfarisi

Abstract


Suatu informasi akan memiliki nilai lebih tinggi mengenai aspek-aspek keamanan, kepentingan umum dan kepentingan pribadi. Untuk melindungi dan menjaga kerahasiaan data agar terhindar dari orang yang tidak berhak mendapatkan informasi tersebut, yaitu menggunakan metode kriptografi. Pemanfaatan sistem teknologi informasi yang semakin maju dapat mengatasi hal–hal yang tidak diinginkan. Masalah absensi dan perizinan cuti karyawan di PT Datacomindo Mitrausaha masih manual. Pada penelitian ini, penulis membangun sistem absensi dan pemotongan karyawan dalam satu sistem yang terintegrasi dengan data menggunakan algoritma Caesar Cipherdan data dapat direkap dengan cepat, tepat dan akurat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sistem yang sistematis, terstruktur, aman dan pembuatan laporan absensi dan cuti karyawan yang efisien. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam tugas akhir ini adalah metode kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah sistem absensi dan cuti karyawan yang telah dibuat pada PT Datacomindo Mitrausaha sudah terintegrasi secara sistematis dan terstruktur, keamanan data pada sistem ini sudah terenkripsi untuk menghindari kebocoran data karyawan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, dan sistem ini mempermudah pembuatan laporan data absensi dan cuti karyawan di PT Datacomindo Mitrausaha.

 

Kata Kunci : Caesar Cipher , Absensi dan Cuti Karyawan, Java


Full Text:

PDF

References


A.S Rosa, dan M.Shalahuddin. (2014). “Rekayasa Perangkat Lunak Struktur Dan Berorientasi Objek.” Bandung : Informatika.

Agusli, Rachmat, Muhammad Iqbal Dzulhaq, and Fery Candra Irawan. 2020. “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Menggunakan Metode Ahp-Topsis.” Academic Journal of Computer Science Research 2(2): 35–40.

Ali, Muhammad Fakhar, Nahot Frastian, and Surajiyo. 2020. “Perancangan Aplikasi Sistem Inventori Produksi Sayur Sayuran Pada Pt . Cibodas Agro Sejahtera Jakarta Selatan Berbasis Java.” JISAMAR ( Journal of Information System , Applied , Management , Accounting and Researh ) 4(3): 124–31.

Aruan, Meri Chrismes, and Luh Putu Widya Adnyani. 2018. “Perancangan Sistem Informasi Penggajian Pegawai Berbasis Java Di Sekolah Menengah Kejuruan Nusantara Wisata Respati.” STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi) 3(2): 160.

Audriyani, Indah Desti, Een Juhriah, and Maimunah Maimunah. 2021. “Perancangan Sistem Informasi Pendataan Absensi Karyawan PT Energizer Indonesia.” Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) 2(02): 372–79.

Dhika, Harry, Nasrulloh Isnain, and Muhammad Tofan. 2019. “Manajemen Villa Menggunakan Java Netbeans Dan Mysql.” IKRA-ITH INFORMATIKA : Jurnal Komputer dan Informatika 3(2): 104–10. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-informatika/article/view/324.

Fatoni, Fatoni, Dony Wahyu Isprananda, and Ahmad Syazili. 2020. “Sistem Informasi Pengajuan Cuti Dan Izin Berbasis Web.” Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) 9(1): 35.

Fridayanthie, Eka Wida, and Tias Mahdiati. 2016. “Rancang Bangun Sistem Informasi Permintaan Atk Berbasis Intranet (Studi Kasus: Kejaksaan Negeri Rangkasbitung).” Jurnal Khatulistiwa Informatika 147(2): 11–40.

Ginting, Albert, R. Rizal Isnanto, and Ike Pertiwi Windasari. 2015. “Implementasi Algoritma Kriptografi RSA Untuk Enkripsi Dan Dekripsi Email.” Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer 3(2): 253.

Herlambang, Bambang Agus, and Vilda Ana Veria Setyawati. 2015. “Perancangan Data Flow Diagram Sistem Pakar Penentuan Kebutuhan Gizi Bagi Individu Normal Berbasis Web.” Jurnal Informatika UPGRIS 1: 78–85.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrkt.v1i04.6158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


         View My Stats