Sistem Penunjang Keputusan Siswa Beprestasi SMK PGRI 28 Jakarta Dengan Metode SAW

Mohamad Noor Alam, Syamsiah Syamsiah, Maria Cleopatra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa proses penilaian penentuan siswa yang berhak mendapatkan beasiswa pada SMK PGRI 28 Jakarta dan membuat aplikasi Sistem Penunjang Keputusan Siswa Berprestasi SMK PGRI 28 Jakarta yang dapat meminimalisir waktu pengerjaan dan memperkecil kemungkinan kesalahan dalam perhitungan serta membuat database untuk menyimpan data agar data-data yang tersimpan lebih aman. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah Metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara untuk dapat mengetahui data secara langsung dan mempermudah pencarian data. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini, aplikasi Sistem Penunjang Keputusan Siswa Berprestasi SMK PGRI 28 Jakarta di harapkan dapat membantu meningkatkan efisiensi dan efektifitas pekerjaan Bagian Kurikulum serta meningkatkan akurasi perhitungan data agar penyeleksian siswa berprestasi dapat tepat sasaran.

Kata Kunci : Tujuan Penelitian, SAW, Metode Pengumpulan Data.


Full Text:

PDF

References


Handoko, D. 2016. Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penentuan Penerima Beasiswa dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW).

Haqi, B. 2019. Aplikasi Spk Pemilihan Dosen Terbaik Metode Simple Additive Weighting (Saw) Dengan Java. Yogyakarta. Deepublish.

Laengge, I, dkk. 2016. Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Dosen Pembimbing Skripsi. E-Journal Teknik Informatika, 9 (1) hlm. 1.

Latif, L.A, dkk. 2018. Buku Ajar: Sistem Pendukung Keputusan Teori dan Implementasi. Yogyakarta. Deepublish.

Muslihudin, M & Oktafianto. 2016. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Andi Offset.

Saputra, A.S, 2019. Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan Penerimaan Pegawai dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting).

Suprihatin. 2018. Basis Data. Jakarta. PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Veronika, J, & Ginting, B. 2020. Penerapan Sistem Pendukung keputusan dalam Menentukan E–Commerce. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 4 (1) hlm 225. Doi:10.30865/mib.v4i1.1986.

Wolo, P, dkk. 2019. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerimaan Raskin menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Studi Kasus Kelurahan Kota Uneng).




DOI: https://doi.org/10.30998/jrkt.v1i04.6154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


         View My Stats