Sistem Penunjang Keputusan Pembelian Sembako Terpopuler Saat Pandemi Covid-19 Pada Toko Alfamini

Adam Shifaurrohman, Rayung Wulan, Sigit Indra Prianto

Abstract


Merebaknya pandemi Covid-19 menyebabkan kecemasan masyarakat di seluruh dunia. Kecemasan tersebut terjadi tidak hanya karena penularan virus, melainkan juga kecemasan akan pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk membuatkan aplikasi program transaksi penjualan dan perangkingan hasil pemilihan customer menggunakan bahasa pemograman Java Netbeans dan database MySQL dalam perancangan sistemnya. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode Weighted Product. Metode Weighted Product adalah suatu metode yang menggunakan perkalian untuk menghubungkan rating atribut, dimana rating setiap atribut harus dipangkatkan dulu dengan bobot yang bersangkutan. Tujuan pembuatan aplikasi ini yaitu membuat sistem penjualan yang terkomputerisasi dan menambahkan sistem penunjang keputusan. Maka dirumuskan permasalahan yang akan diselesaikan melalui aplikasi ini, yaitu bagaimana membuat sistem penjualan dan sistem penunjang keputusan untuk menentukan barang yang akan dibeli customer berdasarkan nilai yang mereka berikan kepada setiap barangnya. Adapun metode pengumpulan data yang peneliti pakai adalah metode observasi, studi literatur dan wawancara. Hasil yang didapat memberikan pengelolaan transaksi penjualan yang terkomputerisasi dan adanya sistem penunjang keputusan.

 

Kata Kunci : Sistem Penunjang Keputusan, Weighted Product, Sembako Terpopuler


Full Text:

PDF

References


dkk Tonni Limbong, Muttaqin, Akbar Iskandar. (2020) Metode Dalam Pengambilan Keputusan. Yayasan kita menulis.

Putra, Nanda Perdana. (2020). Virus Corona Picu Panic buying makanan, masker, hand Sanitizer, bagaimana Meredamnya?

https://www.liputan6.com/news/read/4193886/headline-virus-corona-picu-panic-buying-makanan-masker-hand-sanitizer-bagaimana-meredamnya

Jeperson, Hutahaean. (2015). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Agung, Halim (2016). Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Siswa Teladan Menggunakan Metode Topsis. Universitas Bunda Mulia. Jakarta: Vol 8 No 02.

Susanto, Fery (2020). Pengenalan Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Pratiwi, Heny (2016). Buku Ajar Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

M. K. Febriana Sari (2018). Metode Dalam Pengambilan Keputusan. Sleman: CV. Budi Utama.

Supriyono, H., & Sari, C. P. (2015). Rumah Tinggal Menggunakan Metode Weighted Product. Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika Pemilihan, 1(1), 23–28.

Zai, Y., Mesran, & Buulolo, E. (2017). Sistem Pendukung Keputusan untuk menentukan Buah Rambutan dengan Kualitas Terbaik menggunakan Metode Weighted Product (WP). Media Informatika Budidarma, 1(1), 8–11.

Susliansyah, Ririn Restu Aria, Susi Susilowati. (2019). Sistem Pemilihan Laptop Terbaik Menggunakan Metode Weighted Product. Universitas Bina Sarana Informatika. Vol 16 No 01.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrkt.v1i03.5834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


         View My Stats