Rancang Bangun Sistem Pakar Troubleshooting Hardware Komputer Berbasis Android

Rizal Moamar Akbar

Abstract


Kerusakan pada komputer merupakan sebuah masalah yang menggangu. Terutama bagi seseorang yang pekerjaannya banyak bergantung kepada komputer ataupun laptop. Diagnosa kerusakan sebuah sistem merupakan pekerjaan yang komplek. Komplek karena tidak hanya diperlukan pengetahuan yang cukup, namun diperlukan juga pengalaman yang memadai. Terkait, permasalahan yang terjadi peneliti merancang sebuah aplikasi yang dibuat guna untuk mengembangkan metode pembelajaran yang baru dengan informasi-informasi yang didapat dari para ahli pakar, sehingga diharapkan dengan adanya aplikasi ini memberikan suatu teknik pembelajaran yang mudah dipahami oleh para pelajar dan masyarakat serta dapat digunakan pada semua perangkat Android. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Forward Chaining dengan teknik decision tree, pustaka, Jurnal dalam pengumpulan data. Sehingga Aplikasi Sistem Pakar Troubleshooting hardware komputer ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi semua kalangan baik itu pelajar maupun masyarakat. Kesimpulaan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat kelayakan sistem pakar untuk mendiagnosa kerusakkan komputer pada perangkat smartphone dengan sistem operasi android. Serta, memberikan informasi solusi alternatif kepada user dalam menemukan letak permasalahan yang terjadi pada komputernya.

 

Kata Kunci: Rancang Bangun, Android, Sistem Pakar, Hardware


Full Text:

PDF

References


Wardani, S. Y. C., Maulana, A., Fauzi, A., & Fahriza. (n.d.). Sistem Pakar Pendeteksi Kerusakan Pada Hardware Komputer Berbasis Android. Jurnal Format, Volume 10(E-ISSN : 2722-7162), 1–11.

Radiana, S. (n.d.). RANCANG BANGUN SISTEM PAKAR TROUBLESHOOTING KERUSAKAN HARDWARE KOMPUTER BERBASIS WEB. Jurnal TA/SKRIPSI, 1–7.

Sibuea, S., & Riyanto, Y. P. (n.d.). Sistem Pakar Diagnosis Troubleshooting Menggunakan Metode Forward Chaining Pada Perangkat Keras Komputer Berbasis Android. Jurnal Teknologi Informatika

Savitri, P., & Hadi, T. (n.d.). IMPLEMENTASI METODE FORWARD CHAINING DALAM SISTEM PENDETEKSI KERUSAKAN HARDWARE PADA KOMPUTER DAN LAPTOP BERBASIS ANDROID. Jurnal Infotronik, Volume 3,(p-ISSN : 2548-1932 e-ISSN : 2549-7758), 46–55.

Asrul Sani, Johan Ferdiyansyah, Sumarsono, Bernadus Gunawan Sudarsono, D. Y. (2019). Penerapan Metode Forward Chaining dengan Case-Based Reasoning Pada Kerusakan Komputer. Apllied Information Systems and Management (AISM), VO.2, (1)(P-ISSN: 2621-2536; E-ISSN: 2621-2544), hAL. 28-32.

Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing.

Suyanto. (2014). Artificial Intelligence. Bandung: Sekolah Tinggi Teknologi Telkom.

Wasriah, D. dan. (2009). Metode Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan UPI.

Ladjamudin, A.-B. Bin. (2013). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarata: Graha Ilmu.

Dan Komputer MH Thamrin, Volume 6 N(p-ISSN 2656-9957; e-ISSN 2622-8475), 98–107.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrkt.v1i03.5833

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


         View My Stats