Sistem Penunjang Keputusan Qualitycontrol Dan Repair Korekapi Gas Pada PT. Tokaidharma Indonesia

Mayta Mandasari, Rayung Wulan, Mei Lestari

Abstract


Di dalam produksi korek api gas terdapat kendala banyaknya kerusakan-kerusakan yang setiap harinya bertambah salah satunya dibagian terpenting yaitu prengisian gas. Penelitian ini bertujuan untuk membuatkan aplikasi program perangkingan hasil pengecekan karyawan quality control dan repair dengan bahasa pemrograman Java Neatbens dan database MySQL dalam perancangan sistemnya. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode AHP (Analitychal hierarchy process). Metode AHP sering dikenal dengan adanya multi factor dan kriteria yang kompleks menjadi suatu hasil yang hirarki. Pada prakteknya perhitungan hasil pengecekan ini masih dilakukan secara manual baik penulisan, penyimpanan dan menentukan hasil reject terbanyak pada produksi gas filling. Maka dirumuskan permasalahan yang akan diselesaikan melalui aplikasi ini, yaitu bagaimana membuat sistem penunjang keputusan untuk menentukan perangingan hasil pengecekan karyawan, mengetahui reject apa saja yang melampaui batas dan laporan terkomputerisasi. Adapun metode pengumpulan data yang penulis pakai adalah metode observasi, metode wawancara, dan metode Studi pustaka. Hsil yang didapat memberikan pengelolaan data yang lebih baik, cepat, aman dan mampu meminimalisir kerusakan hasil produksi.

Kata Kunci : Sistem Penunjang Keputusan, Sistem Komputerisasi, Hasil Perangkingan


Full Text:

PDF

References


dkk Tonni Limbong, Muttaqin, Akbar Iskandar, Metode Dalam Pengambilan Keputusan. Yayasan kita menulis, 2020.

T. Noviyanti, “BEASISWA PPA MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS ( AHP ) ( STUDI KASUS : UNIVERSITAS GUNADARMA ),” pp. 35–45.

M. . Muhammad Arif,S.T., Pemodelan Sistem. Sleman: CV. Budi Utama, 2016.

M. S. Dr. Juharni, Manajement Mutu Terpadu (Total Quality Management). Makasar: CV. Sah Media, 2017.

Y. U. Djoko Adi Walujo, Titiek Koesdijati, Pengendalian Kualitas. Surabaya: Stupindo Media Pustaka, 2020.

J. Re and M. No, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penentuan Pertukaran Pelajar Di Sma Negeri 2 Tasikmalaya Dengan Metode Analytical Hierarchy Process ( Ahp ),” pp. 68–82, 2017.

dkk Apip Supriadi, Analitychal Hierarhy Procces (AHP) Teknik Strategi Daya Saing Kerajinan Bordir. Sleman: CV. Budi Utama, 2018.

M. K. Febriana Sari, Metode Dalam Pengambilan Keputusan. Sleman: CV. Budi Utama, 2018.

M. K. Drs. Lamhot Sitorus, Algoritma dan Pemrograman. Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2015.

M. K. Diana,S.Si., Metode dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Sleman: CV. Budi Utama, 2018.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrkt.v1i02.4093

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


         View My Stats