Implementasi Game Edukasi Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Anak TK
Abstract
Tujuan penelitian membuat media pembelajaran Aplikasi game edukasi berbasis android yang menarik dan interaktif agar minat belajar berhitung siswa meningkat. Metode yang digunakan adalah Fisher Yates Shuffle dimana dalam perancangan penyusunan soal Latihan efektif terhindar dari pengulangan dan duplikasi. Tahapan awal penelitian dimulai dengan menggunakan Metode Waterfall meliputi Analisis Kebutuhan, Perancangan, Implementasi, Pengujian, Penerapan, dan Pemeliharaan. Hasil Penelitian adalah aplikasi game edukasi pembelajaran matematika yang menarik dalam bentuk tulisan, visual, audio serta kuis untuk menguji kemampuan logika matematika, perlu memperkenalkan kepada anak-anak pembelajaran matematika yang menarik dan mudah dipahami anak-anak seperti media pembelajaran berbasis android mobile. Hal ini bermaksud agar sang anak mengetahui bahwa belajar matematika itu mudah dan menyenangkan
Kata Kunci : Game Edukasi, Android, Kemampuan Behitung Anak TK
Full Text:
PDFReferences
Baskara Arya Pranata, A. K. P. (2015). Mudah Membuat Game dan Potensi Finansialnya dengan Unity 3D. Elex Media Komputindo.
Enterprise, J. (2019). Belajar Pemrograman dengan Visual Studio. Elex media komputindo.
Ibrahim Nur A, S. A., & Aulia, A. A. (2021). Edukasi dan produktivitas masyarakat di masa pandemi. LP2M UIN SGD Bandung
Mokhammad Ridoi, S. S. (2018). Cara Mudah Membuat Game Edukasi dengan Construct 2: Tutorial sederhana Construct 2. Maskha.
Fithri, D., Setiawan. D. 2017. Analisa dan Perancangan Game Edukasi Sebagai Motivasi Belajar Untuk Anak Usia Dini. Jurnal SIMETRIS 8(1): 225-230.
Prabowo, I. A., Wijayanto, H., Yudanto, B. W., & Nugroho, S. (2021). Buku Ajar : Pemrograman Mobile Berbasis Android (teori, latihan dan tugas mandiri ). Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Dian Nuswantoro.
Pramuditya. S., Noto. S., Purwono. H. 2018. Desain Game Edukasi Berbasis Android pada Materi Logika Matematika. JNP (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 2(2): 165-179.
Rozi. F., Khomsatun. K. 2019. Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Warna Untuk Pendidikan Anak Usia Dini Menggunakan Adobe Flash Berbasis Android. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika) 4(1): 12-18
Epriliansyah. A., Verina. W., Tanjung. M. Perancangan Game Edukasi Pengenalan Perhitungan Untuk Anak Usia Dini Dengan Metode RAD Berbasis Android. Jurnal FTIK 1(1): 629-638.
Putra. D., Nugroho. A., Puspitarani. W. et. al. 2016.Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. JIMP (Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan) 1(1): 46-58.
Jada Aria. Y., Herry. S., M. Azhar. I. 2016. Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Construct 2. JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi) 1(1): 1-5.
DOI: https://doi.org/10.30998/jrkt.v4i04.13374
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats