Implementasi Algoritma Apriori untuk Mengetahui Produk Favorit pada PT Wijaya Teknik Bersaudara

Aulia Sustri Dewiyanti Irawan, Nilma Nilma, Nurmala Dewi Qadarsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan algoritma Apriori dalam menganalisis data penjualan PT Wijaya Teknik Bersaudara guna memberikan wawasan tentang preferensi pelanggan dan meningkatkan kinerja bisnis secara keseluruhan. Selain itu, penelitian ini berfokus pada identifikasi produk yang sering dibeli bersama oleh konsumen, sehingga dapat membantu dalam merancang strategi pemasaran yang efektif dan mengoptimalkan manajemen persediaan. Pada penelitian ini, menggunakan metode data mining dengan algoritma Apriori untuk mencari frekuensi tinggi itemset dalam data transaksi penjualan. Dengan adanya analisis menggunakan algoritma Apriori, diharapkan dapat diperoleh informasi mengenai pola pembelian konsumen yang berulang, karena metode analisis data ini efektif dalam mengungkap asosiasi antar produk. Penulis mengambil kriteria-kriteria yang sesuai dengan yang ada pada PT Wijaya Teknik Bersaudara, seperti produk yang sering dibeli dan stok barang yang perlu diutamakan. Penulis membuat sistem pendukung keputusan ini menggunakan bahasa pemrograman Python dengan antarmuka pengguna yang dirancang menggunakan Visual Studio Code dan database MySQL. Dengan dibuatnya sistem ini, diharapkan perusahaan dapat meningkatkan efisiensi manajemen persediaan dan merancang strategi pemasaran yang lebih tepat sasaran. Penerapan sistem ini memungkinkan pengelolaan stok yang lebih baik dan penyusunan strategi pemasaran yang didasarkan pada data yang akurat, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kinerja bisnis PT Wijaya Teknik Bersaudara secara keseluruhan.


Full Text:

PDF

References


Rifqo, M. H., & Wijaya, A. (2017). IMPLEMENTASI ALGORITMA NAIVE BAYES DALAM PENENTUAN PEMBERIAN KREDIT. In Jurnal Pseudocode (Vol. 2). www.ejournal.unib.ac.id/index.php/pseudocode

Katarina Sianturi, S., Fansuri, D. S., Aini, W. N., Teknologi, S. T., Komputer, I., & Unggul, I. (2023). JUDUL` JUDUL`Algoritma Apriori untuk Mengetahui Pola Beli Konsumen Pada Sistem Informasi Market Basket Analysis Berbasis Andriod. Jurnal Insan Unggul, 11(1), 35–58. http://www.insan-unggul.ac.id:8084/jurnaliu

Yanto, R., Di Kesuma, H., Sistem, J., Nusantara, B., & Lubuklinggau, J. (2017). Pemanfaatan Data Mining Untuk Penempatan Buku Di Perpustakaan Menggunakan Metode Association Rule (Vol. 4, Issue 1).

Ovilianda, A., & Ginting, B. (2021). Penerapan Data Mining Korelasi Penjualan Spare Part Mobil Menggunakan Metode Algoritma Apriori (Studi Kasus: CV. Citra Kencana Mobil). In JOURNAL OF INFORMATION AND TECHNOLOGY UNIMOR.

Barkah, N., Sutinah, E., Agustina, N., Cipinang, K., Kecamatan, M., & Jakarta, M. (2020). Halaman: 237-248 Terakreditasi Peringkat 5 (SINTA 5) sesuai SK RISTEKDIKTI Nomor (Vol. 20, Issue 3). http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JKI

Abidin, Z., Kharisma Amartya, A., & Nurdin, A. (2022). PENERAPAN ALGORITMA APRIORI PADA PENJUALAN SUKU CADANG KENDARAAN RODA DUA (STUDI KASUS: TOKO PRIMA MOTOR SIDOMULYO). In Jl. Gayungan PTT (Vol. 16, Issue 2). https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index

Zr, A. A., & Istyanti, A. N. (2022). Rancang Bangun Sistem Pendataan Request Lagu dari Program Acara di RRI Medan Berbasis Website. Hello World Jurnal Ilmu Komputer, 1(2), 98–105. https://doi.org/10.56211/helloworld.v1i2.21




DOI: https://doi.org/10.30998/jrkt.v4i03.11875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


         View My Stats