Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Calon Tenaga Kerja pada CV Ika Cipta Mandiri dengan SAW

Zidni Aji, Dian Nur Sholihaningtias, Heriyati Heriyati

Abstract


Seleksi penerimaan karyawan merupakan hal penting bagi perusahaan untuk memperoleh calon karyawan baru. Proses perekrutan karyawan yang terjadi di dalam sebuah perusahaan biasanya memakan banyak waktu dan biaya yang tidak sedikit, proses tersebut tergantung dari banyaknya tes yang dilakukan dan banyak juga jenis perusahaan salah satunya adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa seperti asisten rumah tangga, pengasuh bayi, perawat lansia, supir, dan tukang kebun Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh Pemilik  adalah pada sistem proses perekrutan tenaga kerja yang masih menggunakan cara konvensional, sehingga memerlukan waktu yang lama. Dengan menggunakan komputer, proses pengelolaan administrasi akan lebih cepat, informasinya akan lebih akurat, efektifitas dan efisiensi dapat ditingkatkan Dalam penyeleksian calon karyawan ini harus memerlukan Sistem Pendukung Keputusan penentuan yang memanfaatkan teknologi komputer, data yang di olah akan menjadi terkomputerisasi sehingga mempermudah proses pengolahan dan mempersingkat waktu penyelesaian sekaligus meningkatkan kualitas keputusan dalam menentukan calon karyawan yang lolos seleksi Maka dalam hal ini akan membantu pihak perusahaan dalam menentukan calon karyawan metode yang dipakai dalam pengambilan keputusan seleksi penerimaan calon karyawan adalah Simple Additive Weighting (SAW).


Full Text:

PDF

References


H. A. Septilia dan Styawati, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN DANA BANTUAN MENGGUNAKAN METODE AHP,” Sist. PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN DANA Bantu. MENGGUNAKAN Metod. AHP, vol. 1, no. 2, hal. 8, 2020.

W. Apriani, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan PimpinanDengan MetodeMulti Attribute Utility Theory(MAUT) di PT.Sagami Indonesia,” Sist. Pendukung Keputusan Pemilihan PimpinanDengan Metod. Attrib. Util. Theory(MAUT) di PT.Sagami Indones., vol. 3, no. 2, hal. 11, 2019.

A. Amijaya, F. Ferdinandus, dan M. Bayu, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Handphone Dengan Metode Simple Additive Weighting Berbasis WEB,” Sist. Pendukung Keputusan Pemilihan Handphone Dengan Metod. Simple Addit. Weight. Berbas. WEB, vol. 8, no. 2, hal. 12, 2019.

A. S. Raden, R. Roslina, dan S. Zakarias, “Kombinasi Metode Simple Additive Weigthing dan Weigthed Product Untuk Seleksi Proposal Program Kreatifitas Mahasiswa,” Komb. Metod. Simple Addit. Weigthing dan Weigthed Prod. Untuk Sel. Propos. Progr. Kreat. Mhs., vol. 5, no. 2, hal. 9, 2021.

S. E. Zaluchu, “Metode Penelitian di dalam Manuskrip Jurnal Ilmiah Keagamaan,” Metod. Penelit. di dalam Manuskrip J. Ilm. Keagamaan, vol. 3, no. 2, hal. 18, 2021.

Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta, 2018.

A. A. Permana dan D. Nurnaningsih, “RANCANGAN APLIKASI PENGAMANAN DATA DENGAN ALGORITMA ADVANCED ENCYPTION STANDARD (AES),” Ranc. Apl. PENGAMANAN DATA DENGAN Algoritm. Adv. ENCYPTION Stand., vol. 11, no. 2, hal. 10, 2018.

Y. A. Priambodo dan S. Y. J. Prasetyo, “Pemetaan Penyebaran Guru di Provinsi Banten dengan Menggunakan Metode Spatial Clustering K-Means,” Pemetaan Penyebaran Guru di Provinsi Banten dengan Menggunakan Metod. Spat. Clust. K-Means, vol. 1, no. 1, hal. 10, 2018.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrkt.v4i02.10894

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


         View My Stats