Aplikasi Sistem Pakar Budidaya Ikan Lele Pada Tambak Ikan Lele Rumah Metode Forward Chaining

Mohamad Novit, Didik Wiguna, Dona Katarina, Muslihatul Hidayah

Abstract


Salah satu kendala dihadapi petani dalam budidaya ikan lele adalah serangan hama dan penyakit. Gejala-tersebut seringkali tidak diketahui mengakibatkan hasil diagnosa penyakit menjadi tidak akurat. Belum adanya aplikasi sistem pakar guna mendiagnosa penyakit pada ikan lele menjadi kendala salah satu masalah diantaranya proses diagnosa gejala penyakit ikan lele yang masih menggunakan metode manual, pengolahan data dan pembuatan laporan juga masih dilakukan secara manual sehingga tidak efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini untuk merancang dan mengimplementasi aplikasi sistem pakar guna mendiagnosa penyakit pada ikan lele dengan menerapkan algoritma forward chaining yaitu mengambil sekumpulan data gejala penyakit dari awal sampai terjadinya penyakit untuk dianalisa dan dihasilkan kesimpulan. Hasil penelitian berupa aplikasi sistem pakar diagnosa penyakit ikan lele yang dapat dengan mudah dipergunakan untuk mendiagnosa penyakit ikan lele secara sistem memudahkan dalam pengolahan data, pencarian data gejala penyakit dan pembuatan laporan hasil diagnosa penyakit ikan lele karena sudah terkomputerisasi.


Full Text:

PDF

References


W. Budiharto and D. Suhartono, Artificial Intelligence Konsep dan Penerapannya, Edisi 1. Yogyakarta: Andi, 2014.

D. F. Ramadhoni, L. P. Abadi, and S. Suaedah, “Implementasi Metode Forward Chaining Pada Sistem Pakar Dalam Mendiagnosa Penyakit Kucing,” JRKT (Jurnal Rekayasa Komputasi Ter., vol. 3, no. 3, pp. 111–122, 2023.

B. H. Hayadi, Sistem Pakar, Edisi 1. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

D. M. Priyono, Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Pubishing, 2016.

Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta, 2018.

Mawaddah, U., & Fauzi, M. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Dosis Obat Pada Anak Menggunakan Metode Forward Chaining (Studi Kasus di Klinik Dokter Umum Karangayam-Srengat). Jurnal Antivirus, 12.

Lubis, A. (2016). Basis Data Dasar Untuk Mahasiswa Ilmu Komputer. Graha Ilmu.

Merdiani, Eri, Rahmansyah, Nur, Kurniawan, Hendra, Muliawati, Anita, Permana, & Sidik, D. (2017). Membuat Aplikasi Penjualan Menggunakan Java Netbeans, MySQL, dan iReport. PT. Elex Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrkt.v3i04.10458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


         View My Stats