Analisis Semiotika Roland Barthes pada Iklan Susu SGM Eksplor Versi “Tunjuk Tangan”

Nurul Ihza, Dafa Raudhatul Jannah

Abstract


Susu SGM ialah salah satu merek susu di Indonesia yang memiliki varian sesuai dengan kebutuhan ibu hamil dan menyusui hingga anak-anak. Susu SGM juga mempertimbangkan dan mengelola produk susu formulanya sebaik mungkin agar generasi di Indonesia lebih maju. Pada salah satu iklan susu SGM, mereka memberikan sentuhan yang berbeda dengan iklan susu pada umumnya. Mengiklankan produk dan dibalut dengan keberagaman Indonesia adalah salah satu iklan susu SGM yang sangat memikat perhatian masyarakat agar membuka matanya untuk melihat betapa indahnya Indonesia apabila generasi Indonesia dapat lebih maju dengan cara memenuhi kebutuhan nutrisi. Dengan adanya iklan tersebut, kami tertarik untuk membahasnya pada artikel ini. Metode yang kami gunakan pada penilitian ini ialah kualitatif. Teori yang kami gunakan pada penelitiaan ini ialah teori Barthes. Teori ini terdiri dari tiga hal ialah denotasi, konotasi dan mitos. Akan tetapi, kami hanya menggunakan dua hal yaitu denotasi dan konotasi.


Keywords


Susu SGM; anak-anak; Iklan; Budaya Indonesia; Teori Barthes

References


Martono, M., Triyono, T., & Septiani, R. A. 2018. Pembuatan Video Profil Sekolah Menengah

Atas Negeri 7 Kota Tangerang Selatan Berbasis Audio Visual Sebagai Media Informasi

dan Promosi. Technomedia Journal, 3(1), 110-120).

Kasali, Rhenald. 2007. Manajemen Periklanan, Konsep dan Aplikasinya di Indonesia.

Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Soekotjo, E. (2016). Bias gender dalam iklan susu (Analisis semiotika mengenai bias gender

dalam iklan susu SGM versi" Tunjuk Tangan") (Doctoral dissertation, Widya Mandala

Catholic University Surabaya).

Muhamad Nur, F. (2017). Analisis Semiotika: Pesan Dakwah dalam Arsitektur Masjid Agung

Provinsi Banten. Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 11(1), 46-69.

Yuwono, R. F. (2014). Efektivitas Iklan Jayanata Di Surat Kabar Jawa Pos Terhadap

Masyarakat Surabaya. Jurnal E-Komunikasi, 2(1).

Faladhin, J. (2018). Literasi Media Pada Iklan Susu SGM Versi “Jadikan Si

Kecil Generasi Maju”. Semantik, 7(1).

Herawati, E., & Rosidah, R. (2013). Tanda-Tanda dalam Iklan Komersial di Televisi (Analisis

Semiotika pada Iklan Susu Sgm Eksplor Presinutri 3). Humaniora, 4(1), 71-81.

Rosmiati, A. (2014). Pemakaian Gaya Bahasa Pada Iklan Susu Formula

Anak-Anak. Gelar: Jurnal Seni Budaya, 12(1).

Youtube. (2018, April 26). Iklan SGM Eksplor - Tunjuk Tangan, Wujudkan si Kecil jadi

#GenerasiMaju 60sec (2018). Diakses dari https://www.youtube.com/watch?v=KkFL-Fm9X90

Sarihusada. (2018). Diakses dari https://www.generasimaju.co.id




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v3i1.875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Dafa Raudhatul Jannah, Nurul Ihza

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.