Promosi Gendang Sebagai Produk Unggulan UMKM di Desa Tegalwaru Melalui Media sosial Instagram

Nada Syifa Salsabila, Ira Kurnia Sari

Abstract


UMKM Gendang yaitu usaha mikro kecil menengah yang membuat dan menghasilkan produk Gendang, yang salah satunya diproduksi di Desa Tegalwaru dan menjadi produk unggulan. Dengan adanya UMKM Gendang di Desa Tegalwaru sangat membantu perekonomian masyarakat di Desa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan cara meningkatkan perekonomian UMKM Gendang di Desa Tegalwaru dengan melakukan promosi melalui media sosial Instagram. Penulisan ini menggunakan metode kualitatif, yang mana pencarian data menggunakan data primer yang diperoleh melalui wawancara dan data sekunder berupa pustaka tentang UMKM tersebut. Perancangan media ini dibuat untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di Desa Tegalwaru. Perancangan Feeds Instagram yang dibuat yaitu dengan menggunakan gaya visual flat design tanpa menghilangkan bagian yang menjadi ciri khas atau karakteristiknya. Warna cokelat yang digunakan sesuai dengan objeknya, yaitu Gendang. Pemilihan huruf menggunakan san serif yang berjenis font Myriad Pro, jenis huruf tersebut cocok dengan gaya visual flat design yang sederhana dan terlihat modern.


Keywords


UMKM; Gendang; Tegalwaru; Promosi; Instagram

References


Deru. R. I., & Cindy. J. (2017). Media sosial instagram sebagai sarana promosi untuk meningkatkan minat beli konsumen. Jurnal bisnis terapan, 1(1). 25-31

Instagram. Diambil dari di: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Instagram. Diakses: 26 Juni 2020.

Kampung UKM Digital Wisata Tegalwaru. Diambil dari https://www.wisatabisnistegalwaru.com/kampung-ukm-digital-wisata-tegalwaru/. Diakses: 25 Juni 2020

Mao, Y., Zhu, J. X., & Sang, Y. (2014). Consumer purchase intention research based on social media marketing. International Journal of Business and Social Science, 5(10), 92-97.

Marsuki. (2006). Pemikiran dan strategi memberdayakan sektor ekonomi UMKM di Indonesia. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Morissan. (2010). Periklanan komunikasi pemasaran terpadu. Jakarta: Kencana.

Tegalwaru kampung menjadi percontohan. Diambil dari https://goukm.id/tegal-waru-kampung-menjadi-percontohan/ . Diakses: 25 Juni 2020.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Walidin, W. (2015). Metodologi penelitian kualitatif & grounded theory. Cetakan Pertama. Banda Aceh: FTK Ar-Raniry Press.

Yonanldi, S. (2018). Kewirausahaan menumbuhkembangkan UMKM di era digital. Sumatera Barat: PT Brain Insight Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v3i1.870

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nada Syifa Salsabila, Ira Kurnia Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.