Poster Mengatasi Kecanduan Game Mobile Pada Generasi Masa kini

Achmad Fauri, Jevon Almadeo

Abstract


Abstrak

 

Tujuan perancangan poster mengatasi kecanduan game mobile terhadap generasi masa kini adalah sebagai media penyuluhan untuk para pemain serta penggunanya agar memperhatikan waktu mereka pada saat sedang bermain.Atas dasar tersebut, maka kami membuat perancangan media berupa poster sebagai media penyampaian himbauan mengenai mengatasi kecanduan game mobile. Dengan menggunakan metode kualitatif, yaitu melakukan tinjauan pustaka dengan cara mengumpulkan bahan-bahan materi yang bersumber dari buku, artikel dan beberapa jurnal online.. Mobile game ternyata tidak hanya memiliki dampak negatif, tetapi juga terdapat dampak positif jika dimainkan dengan bijak dan dapat mengatur waktunya. Tulisan berdasar studi pustaka ini menguraikan dampak yang terjadi pada seseorang jika kecanduan mobile game, baik dari sisi negatif maupun sisi positif. Selain itu tulisan ini juga menguraikan himbauan untuk bermain dengan sehat dan juga bijak. Karena bagi yang tidak bisa menggunakannya dengan benar akan banyak sekali dampak negatif yang dapat didapat serta dirasakan. Seperti dari segi uang, waktu, semangat belajar, psikologi, kesehatan, dan juga hal sosial. Hal ini ditakutkan dapat menjadi semakin buruk di kemudian hari bila tidak ditangani.

Kata Kunci: Dampak, Mobile game, poster, kecanduan, generasi muda

 


References


Ulum, B. (2018). Game “Mobile Legends Bang Bang” di kalangan Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya dalam tinjauan “One Dimensional Man” Herbert Marcuse (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Febriandari, D., & Nauli, F. A. (2016). Hubungan kecanduan bermain game online terhadap identitas diri remaja. Jurnal Keperawatan Jiwa, 4(1), 50-56.

Surbakti, K. (2017). Pengaruh Game Online terhadap Remaja. Jurnal Curere, 1(1).

Siswanto, Y., & Purnama, B. E. (2013). Rancang Bangun Aplikasi Mobile Game Edukasi Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Anak Kelas VI Sekolah Dasar. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 5(4).

Ismail, K. A. (2016). Fenomena permainan game online Defense of the Ancients (Dota 2) pada prestasi akademik mahasiswa perguruan tinggi di Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Setiawan, H. S. (2018). ANALISIS DAMPAK PENGARUH GAME MOBILE TERHADAP AKTIFITAS PERGAULAN SISWA SDN TANJUNG BARAT 07 JAKARTA. Faktor Exacta, 11(2), 146-157.

Rani, D., Hasibuan, E. J., & Barus, R. K. I. (2018). Dampak Game Online Mobile Legends: Bang Bang terhadap Mahasiswa. PERSPEKTIF, 7(1), 6-12.

Munandar, Utami. (2004). Pengembangan Emosi dan Kreativitas. Jakarta: Rineka Cipta.

Fadillah, F. A., & Iqbal, M. (2019). Poster Kecanduan Game terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Desain, 7(1), 38-48..

Masya, H., & Candra, D. A. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku gangguan kecanduan game online pada peserta didik kelas x di madrasah aliyah al furqon prabumulih tahun pelajaran 2015/2016. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 3(2), 103-118.

Ulfa, M., & Risdayati, R. (2017). Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Perilaku Remaja Di Mabes Game Center Jalan Hr. subrantas Kecamatan Tampan Pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University).

Jannah, N., Mudjiran, M., & Nirwana, H. (2015). Hubungan kecanduan game dengan motivasi belajar siswa dan implikasinya terhadap Bimbingan dan Konseling. Konselor, 4(4), 200-207.




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v2i03.860

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Achmad Fauri, Jevon Almadeo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.