Analisis Semiotika Iklan Wardah Cerita “Kita Tak Sendiri” Episode 4

Nur Fadillah, Shania Nasla Sounvada

Abstract


Dengan menganalisa ‘Iklan Wardah Cerita “Kita Tak Sendiri” Episode 4’ menggunakan semiotika, kami ingin mengetahui makna yang terkandung pada iklan tersebut. Metode penelitian yang kami gunakan yaitu kualitatif, teknik pengumpulan data dengan penelitian pustaka dan menganalisisnya menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Dapat diketahui bahwa banyak sekali makna secara tersirat yang terdapat dalam iklan tersebut, sehingga iklan tersebut dapat mempengaruhi dan menarik minat masyarakat untuk memakai dan membeli produk tersebut. Hasil dari penelitian ini yaitu berupa makna denotasi, yaitu keadaan saat pandemi yang tidak memungkinkan perantau untuk lebaran bersama keluarga, namun selalu ada kebahagiaan walaupun tidak dapat berkumpul bersama keluarga. Untuk konotasinya, yaitu tanda maupun simbol yang dapat mengindikasikan bahwa iklan tersebut merupakan iklan dari produk Wardah seperti penggunaan warna produk Wardah, tokoh perempuan dan berbagai produk yang secara tersirat dimunculkan. Sedangkan mitos yang terkandung, yakni produk Wardah sebagai produk kosmetik halal, aman, dan favorit bagi perempuan khususnya para muslimah. Karena Wardah hadir untuk menyampaikan kasih sayang, memberikan kebahagiaan, dan tampilan cantik untuk para perempuan


Keywords


Ikan; Semiotika; Wardah

References


Anto, P., & Anita, T. (2019). Tembang macapat sebagai penunjang pendidikan karakter. Jurnal Deiksis, 11(1), 77-85. DOI: 10.30998/deiksis.v11i01.3221

Azizah, M. (2013). Etika perilaku periklanan dalam bisnis islam. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, 3(1), 37-48. DOI: http://dx.doi.org/10.21927/jesi.2013.3(1).37-48

Danesi, M. (2017). There’s more to perfume than smell: advertising, pop culture, and meme culture. Advance online publication. doi: https://doi.org/10.1057/978-1-349-95348-6_10.

Dewi, M.C. (2013). Representasi pakaian muslimah dalam iklan (analisis semiotika charles sanders peirce pada iklan kosmetik wardah di tabloid nova). Jurnal Komunikasi PROFETIK, 6(2), 63-82.

Djamereng, A. (2018). Analisis semiotika pada iklan di televisi (iklan wardah dan iklan total almeera). Jurnal Al-Khitabah, 4(1), 1-16.

Eriana, A. (2015). Peirce’s semiotics analysis of icon and symbol on perfume advertisements. (Thesis). State Islamic University Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Haryadi, T. (2016). Analisis iklan televisi sampoerna hijau versi “es kacang ijo” dengan pendekatan semiotika roland barthes. Journal of Arts, Design, Art Education and Culture Studies, 1(1), 1-16.

Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kurniasih, P., Amzy, N., dan Kholisya, U. (2016). Penelusuran makna motif batik depok melalui konsep denotasi dan konotasi roland barthes. Jurnal Desain, 4(1), 45-57. DOI: 10.30998/jurnaldesain.v4i01.757

Poluan, J.G., Lumintang, G.G., dan Untu, V.N. (2016). Pengaruh periklanan terhadap keputusan pembelian minuman coca cola (studi kasus pada pt. bangun wenang beverage company manado). Jurnal EMBA, 4(3), 671-681. DOI: https://doi.org/10.35794/emba.v4i3.14334

Pramudita, P., Purnengsih, I., dan Wijayanto, C.S. (2018). Mitos perlawanan masyarakat urban dalam seni rupa mural (kajian semiotika pada seni rupa mural di bawah jembatan pasupati, bandung). Jurnal Desain, 5(2), 95-103. DOI: 10.30998/jurnaldesain.v5i02.2133

Pratiwi, H.A. (2015). Citra perempuan dalam iklan televisi (analisis semiotika iklan pond’s flawless white 7 days to love-versi 10 menit). Jurnal DEIKSIS, 7(2), 79-170. DOI: 10.30998/deiksis.v7i02.541

Pratiwi, H.A., & Wiyanti, E. (2017). Representasi kesetaraan gender pada iklan (tinjauan semiotika citra laki-laki dalam keluarga pada iklan televisi). Jurnal Desain, 4(3), 212-230. DOI: 10.30998/jurnaldesain.v4i03.1634

Paragon Innovation. Brands. Diakses 30 Juni 2020, dari https://www.paragon-innovation.com/brands

Pujiati, T. (2015). Analisis semiotika struktural pada iklan top coffee. Jurnal Sasindo Unpam, 3(3), 1-22. DOI: http://dx.doi.org/10.32493/sasindo.v1i1.%25p

Rosalinda, H., Susanti, K., dan Nuriyanti, W. (2019). Nilai nasionalisme dalam komik: kajian semiotika komik rengasdengklok. Jurnal Desain, 6(2), 89-98. DOI: 10.30998/jurnaldesain.v6i2.3010

Sartini, N.W. (2011). Tinjauan teoritik tentang semiotik. Jurnal Masyarakat, Kebudayaan dan Politik, 20(1), 1-10.

Shopee. Wardah lightening series paket hemat (8 produk paket besar). Diakses 30 Juni 2020, dari https://shopee.co.id/Wardah-Lightening-series-paket-hemat-(8-produk-paket-besar)-i.10038497.83527494

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

WardahBeauty. (2020). Wardah cerita tentang #selaluadabahagia series: episode 4 – kita tak sendiri. Diakses pada 26 Juni 2020, dari https://www.youtube.com/watch?v=hEBmaPirHrs.

WardahBeauty. (2020). #Saveyouremoment untuk mengenang kebersamaanmu! – wardah lightening twoway cake #feelflawless. Diakses 30 Juni 2020, dari https://www.youtube.com/watch?v=odRgoAhqZ04

WardahBeauty. (2020). Foto instagram official Wardahbeauty. Diakses 30 Juni 2020, dari https://www.instagram.com/wardahbeauty/




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v2i03.855

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nur Fadillah, Shania Nasla Sounvada

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.