Perputaran Zodiak pada Kayon Jagad Gumelar sebagai Simbol Perhitungan Jawa

Nur Azizah, Dendi Pratama

Abstract


Dalam kehidupan orang jawa sangat dipengaruhi oleh hal-hal yang berhubungan dengan tata cara Hindu Jawa, bahkan dari zaman dahulu yaitu zaman Hindu segala sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari selalu memakai perhitungan dari sesepuh adat yang mengusai ilmu perhitungan, dan masyarakat harus mematuhinya. Masyarakat melakukan ilmu perhitungan melalui pengamatan pada rasi bintang. Dijawa dikenal dengan istilah Pawukon yang merupakan salah satu ajaran yang terdapat pada kitab primbon. Karena primbon memuat berbagai macam persoalan hidup. Pawukon merupakan rumusan perhitungan waktu, hari, bulan ataupun tahun. Pada peradaban yunani mengenal dengan istilah zodiak yang berarti bintang yang menggambarkan 12 rasi bintang. Dalang dari Surakarta yaitu Bambang Suwarno menciptakan berbagai gambar simbol zodiak dalam satu kayon yang disebut kayon Jagad Gumelar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Data penelitian diambil dari studi literatur, observasi dan wawancara.


Keywords


kayon;zodiak;wayang

References


Stefani, A. V. (2016). Landasan Konseptual Perencanaan dan

Perancangan Planetarium di Bantul. (skripsi). Fakultas Teknik, Universitas Atma Jaya, Yogyakarta

Yusuf, B. A. (2009) Konsep Ruang dan Waktu dalam primbon serta aplikasinya pada masyarakat Jawa. (skripsi). Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Purwoko, A. (2013). Gunungan nilai-nilai filsafat jawa. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Budiatmi. (2004). Inovasi Kayon Wayang Kulit Purwa Karya Bambang Suwarno,kajian bentuk, ornamen, rupa, dan simbol kayon. (Tesis). Progam Studi Pengkajian Seni, Sekolah Tinggi Seni Indonesia Surakarta, Surakarta




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v2i2.715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Nur Azizah, Dendi Pratama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.