Kajian Semiotika Peirce Pada Karya Seni Lukis di Sanggar Seni Rupa Simpassri

Vivi Destri Yumielda, Zulkifli Zulkifli

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memahami makna tersirat pada lukisan di Simpassri berdasarkan kajian semiotika tipologi tanda meliputi aspek representamen, hubungan representamen dengan objek, dan interpretan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif-interpretatif, yaitu mendeskripsikan data-data yang dianalisis sedetail-detailnya oleh interpretator melalui penerapan teori semiotika tipologi tanda. Hasil penelitian ini disimpulkan representamen ialah sebuah tanda yang terindra/tampak secara langsung, yakni lukisan yang merepresentasikan objek-objek yang berceritakan filosofi, budaya/tradisi suku Batak. Dalam hubungan representamen dengan objek, ini tidak terindra/terlihat secara langsung, melainkan merujuk pada objek yang sebenarnya, yakni objek maupun suasana dari budaya tradisi Batak. Berdasarkan interpretan/makna ialah pelestarian seni budaya/tradisi etnis Batak.

 


Keywords


Semiotika; Tipologi Tanda; Seni Lukis; Sanggar Seni Rupa Simpassri.

References


Budiman, Kris. (2011). Semiotika Visual. Yogyakarta: Jalasutra.

Crow, D. (2010). Visible Sign. Singapore: Ava Book Production.

Farida, D. N. (2017). Kritik Ekologi Sastra Puisi Perempuan Lereng Gunung Karya Ika Permata Hati dalam Antologi Puisi Perempuan di Ujung Senja Melalui Ekofeminisme Susan Griffin. BASINDO: jurnal kajian bahasa, sastra Indonesia, dan pembelajarannya, 1(2), 48-52.

Hoed, Benny H. (2014). Semiotik dan Dinamika Sosial Budaya. Depok: Komunitas Bambu.

Hoopes, James. (1991). Peirce on Signs Writings on Semiotic by Charles Sanders Peirce. Chapel Hill and London: The University of North Carolina Press.

Ibrahim. (2018). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF Panduan Penelitian Beserta Contoh Proposal Kualitatif. Bandung: Alfabeta, cv.

Nisa, N. A. (2022). Kajian Tipologi Tanda pada Karya Seni Lukis Oesman Effendi. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya, 4(2), 194-204.

Saragih, Amrin, dkk. (2019). Semiotika. Medan: Fbs Unimed Press.

Tjahyadi, I., & Dheny, D. (2021). Analisis Makna Kota Dalam Tiga Lukisan Karya Agung Tato (Sebuah Pendekatan Semiotika Charles Sanders Peirce). Terob, 12(1), 39-49.

Widhyanto, A., & Lodra, I. N. Proses Kreatif: Bentuk Dan Makna Karya Lukis Joko Pramono Tahun 2016-2018.

Wiratno, Tri Aru. (2018). Seni Lukis, Konsep dan Metode. Surabaya: Jakad Publishing.

Zoest, Aart Van. (2020). Serba-Serbi Semiotika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Zulkifli, & Ridwan, M. (2019). Revitalization of the traditional values lost due to the commodification of art/crafts: a case study of Bataknese traditional Ulos. Asian Ethnicity, 20(4), 541-554.

Zulkifli, Z., Sembiring, D., & Pasaribu, M. (2020). Tradisi dalam Modernisasi Seni Lukis Sumatera Utara: Eksplorasi Kreatif Berbasis Etnisitas Batak Toba. Mudra Jurnal Seni Budaya, 35(3), 352-359.




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v5i1.6524

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Vivi Destri Yumielda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.