Penerapan Teknik Beading Suku Dayak pada Produk Tas

Lutgardis Odilia Andinna, Adji Isworo Josef

Abstract


Kurangnya variasi produk dan minat wanita usia 19-30 tahun untuk menggunakan tas manik suku Dayak menjadi alasan dibuatnya produk tas ini dengan menawarkan kebaruan seperti pada desain bentuk tas, motif, dan bahan. Karya ini menggunakan pendekatan penciptaan seni kriya oleh Gustami yang terdiri dari tiga tahap yaitu eksplorasi merupakan tahap pengumpulan data dan uji coba; perancangan merupakan tahap menggunakan hasil analisis data terkait aspek bahan, teknik, fungsi, dan estetis untuk membuat konsep perancangan; dan perwujudan merupakan tahap mewujudkan desain ke dalam bentuk sebenarnya. Hasil perancangan ini berupa produk tas yang dibuat dengan bahan manik-manik pasir ukuran 11/0, kulit kambing, manik payet bulat, benang rami, dan benang jahit. Kemudian teknik yang digunakan adalah beading suku Dayak yaitu teknik menganyam manik dan menjahit manik langsung di permukaan tekstil. Mengangkat tema geometris yang mengacu kepada kecenderungan minat usia 19-30 tahun yang menyukai sesuatu yang simpel, fleksibel, dan menjunjung tinggi kebebasan.

Keywords


beading; Dayak; tas; geometris

References


Anis, Zainal Arifin, dkk. (2013). Warisan Teknologi Kampung: Masyarakat Dayak Kalimantan Timur. Jakarta: PT. Kaltim Pasifik Amoniak.

Gustami, SP. (2007). Butir-butir Mutiara Estetika Timur: Ide Dasar Penciptaan Seni Kriya Indonesia. Yogyakarta: Prasista.

Lau, John. (2012). Basics Fashion Design 09: Designing Accessories: Exploring the Design and Construction of Bags, Shoes, Hats, and Jewellery. London: Bloomsbury Publishing.

Sachari, Agus. (2004). Seni Rupa dan Design. Jakarta: Gelora Aksara.

Wishnu, Shareza. (2009). Have Fun With Beads Stitch 1. Yogyakarta: Kanisius.

- - -. (1997). Tebaran Manik-manik di Benua Etam: Katalog Pameran Bersama Regional Antar Museum Negeri Provinsi Se-Kalimantan. Tenggarong: Museum Negeri Kalimanatan Timur "Mulawarman"

Internet:

AMENT channel. (2019, Desember 18). Proses pembuatan pakaian tradisional adat suku dayak [Video]. YouTube, https://youtu.be/BP6S1lR3Rww

Tdc Tool Kit. (2020). Buat Para Milenial, Inilah Warna Kamar Tidur Modern Yang Bisa Dicoba!. Diakses pada 17 Juni 2021, dari https://tdctoolkit.org/warna-kamar-tidur




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v4i1.5632

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Lutgardis Odilia Andinna, Adji Isworo Josef

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.