Studi Gerak Animasi Cartoony Sebagai Perancangan Animasi Pendek Bertema Cyberbullying

Lisa Tanadi, Frans Santoso

Abstract


Dunia perfilman, animasi dengan gaya cartoony memiliki pesonanya sendiri. Dimana kita bisa mencurahkan segala macam imajinasi kita ke dalam bentuk visual yang diluar dugaan ekspektasi dari penonton. Dalam pengerjaan film animasi, 12 prinsip animasi merupakan hal yang penting. Saat ini kita tinggal pada zaman di mana internet seolah menjadi kebutuhan primer manusia karena memenuhi hampir seluruh ruang kehidupan mereka. Kehidupan modern telah menjadi lebih mudah berkat kontribusi besar teknologi internet untuk komunikasi dan berbagi informasi. Meskipun internet memiliki banyak manfaat dan sisi positif, ada berbagai dampak negatif dari internet itu sendiri. Seperti contohnya cyberbullying yang hingga saat ini masih bermunculan dan bahkan memakan korban. Maka dari itu tujuan dari penelitian untuk mempelajari gerak cartoony sebagai perancangan di dalam film animasi pendek bertema cyberbullying. Untuk mendapat hasil studi gerak dan visual sesuai dengan tujuan  tersebut, metode penelitian yang akan digunakan untuk pencarian data dalam kajian ini adalah melalui literatur yang bersangkutan, observasi dan wawancara. Output yang dihasilkan berupa workbook visual yang akan digunakan untuk keperluan tugas akhir dalam merancang animasi pendek.


Keywords


Animasi pendek; Cartoony; Cyberbullying; Prinsip Animasi; Workbook

References


Bancroft, T. (2006). Creating characters with personality. New York : Random House Inc.

Besley, S., & Brigham, E. F. (2008). Essentials of managerial finance. United States of America: Thomson South-Western.

Christopher, L., & Lauren, K. W. (2005). Pemasaran jasa (terjemahan). Jakarta: Gramedia.

Darmaprawira, S. (1989). Warna sebagai salah satu unsur seni dan desain. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Pendidikan.

Griezel, L., Craven, R.G., Yeung, A.S., & Finger, L.R. (2008). The development of a multidimensional measure of cyberbullying. Brisbane: Australian Association for Research in Education.

Gunawan, B. B. (2013). Nganimasi Bersama Mas Be. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Napitupulu, F. H., & Tua, P. M. (2012). Perancangan dan pengujian alat pengering kakao dengan tipe cabinet dryer untuk kapasitas 7, 5 kg per-siklus. Jurnal Dinamis, (10).

Napitupulu, Farel H., Tua, Putra Mora. (2012). Perancanagan dan Pengujian Alat Pengering Kakao dengan Tipe Cabinet Dryer untuk Kapasitas 7,5 kg Per-Siklus. Jurnal Dinamis, II (10).

Prakosa, G. (2012). Nganimasi, bersama Mas Be. Jakarta: PT. ELEX Media Komputindo.

Sanyoto, S. E., & Sadjiman, D. (2005). Dasar-dasar tata rupa dan desain. Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.

Solarski, C. (2012). Drawing basics and video game art: Classic to cutting-edge art techniques for winning video game design. Watson-Guptill.




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v3i3.3886

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Lisa Tanadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.