Perancangan Poster Pencegahan Penyebaran Hoax Sebagai Informasi yang Menyesatkan Publik

Fachrul Rozi, Bambang Gunawan, Kartika Puji Lestari

Abstract


Tujuan perancangan poster ini menghasilkan sebuah perancangan poster pencegahan informasi palsu atau hoax yang menggunakan desain dan bahasa yang tepat, yang akan menghasilkan sebuah poster pencegahan penyebaran hoax yang bermanfaat dan tepat sasaran. Hasil  dari perancangan ini adala satu buah poster tentang pencegahan penyebaran hoax. Konsep desain dan ilustrasi yang diterapkan adalah gaya ilustrasi realistis, gambar dibuat seperti aslinya sesuai anatomi dan proporsinya. Pengguanaan huruf pada poster ini lebih menggutamakan huruf yang tingkat keterbacaannya tinggi. Oleh karena itu kami memilih jenis huruf sans-serif bernama Impact untuk judul dan  Myriad Pro untuk keterangan lain. Huruf sans-serif adalah huruf yang tidak memiliki kait/ kaki dan secara kontur hurufnya, huruf ini lebih modern dibanding huruf yang memiliki serif/ kait/kaki. Proses perancangan poster ini, membuatnya dengan menggunakan aplikasi Adobe Illustrator. Untuk layout menggunakan Picture Window Layout dimana jenis ini, tampilan gambar yang besar menjadi suatu keutamaan dan keterangan gambar yang besar sehingga masih bisa dibaca dengan baik. Penggunaan media poster ini diharapkan dapat mengedukasi masyarakat agar lebih berhati-hati sebelum menyebarkan informasi yang belum teridentifikasi kebenarannya, sebelum menyebarkan informasi tersebut.


Keywords


Hoax;Poster;Desain

References


Rosita, D. Q. (2014). Perancangan Tipografi Asimilasi Aksara Latin Karakteristik Ondel-Ondel Sebagai Solusi Kreatif Melestarikan Budaya Betawi. Jurnal Desain, Vol. 02, 61-68.

Sinaga, C. P. J, Yonatia, J. (2018). Kampanye Penangkalan Hoax Melalui aplikasi gawai. Serat Rupa Journal of Design, Vol 2, No. 2 , 199-129.

Subianto, I. B, Anto, P dan Akbar, T. (2018). Perancangan Poster Sebagai Media Edukasi Peserta Didik. Jurnal Desain, Vol. 05, No. 03, 215-222.

Tashandra, Nabila. (2017).Media Sosial, Penyebar “Hoax”, dan Budaya Berbagi. [Online]. Diakses dari: https://nasional.kompas.com/read/2017/02/14/09055481/media.sosial.penyebaran.hoax.dan.budaya.berbagi.

Wayan, Gulendra. I. (2010). Pengertian Warna dan Tekstur. Artikel Bulan Juni, No. 8.




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v2i01.148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Fachrul Rozi, Bambang Gunawan, Kartika Puji Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.