Analisis Visual Ilustrasi Sampul Novel Five Feet Apart Berdasarkan Prinsip-Prinsip Desain

Shanti Mustika, Aulia Chairunissa, Umairoh Umairoh

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis unsur-unsur visual yang terkandung pada ilustrasi sampul novel Five Feet Apart dan mendeskripsikan setiap unsur yang terkandung di dalam ilustrasi sampul tersebut yaitu bentuk, warna dan tipografi. Lalu kemudian dianalisis satu-persatu untuk mencari unsur-unsur visual yang terdapat pada ilustrasi sampul, sehingga pesan dari ilustrasi sampul novel tersebut dapat terbaca dengan jelas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, objek penelitiannya adalah sampul novel Five Feet Apart. Penelitian ini difokuskan pada ilustrasi sampul novel secara keseluruhan yaitu sampul bagian depan yang terdiri dari bentuk ilustrasi, warna dan tipografi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan mendiskripsikan unsur-unsur visual yang ada dengan kaitannya terhadap isi cerita novel. Pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi dengan mengambil dari situs resmi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia, yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan triangulasi data. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap identifikasi dan klasifikasi data kemudian pembahasan data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa ilustrasi sampul novel mengandung unsur-unsur visual yang terdapat dalam ilustrasi sampul novel yaitu bentuk, warna dan tipografi dalam mengkomunikasikan pesan cerita novel yang berupa warna latar biru tua dan merah muda, paru-paru, pohon ranting, bunga tulip, siluet orang, dan gradasi warna lain terhadap warna ilustrasi sampul. Sementara tipografi pada ilustrasi sampul memberikan penegasan mengenai sesuatu yang tidak bahagia atau bermakna kesedihan pada cerita novel tersebut. Sehingga keseluruhan unsur-unsur visual ilustrasi sampul tersebut saling terkait dalam membentuk pesan utama cerita novel yang dapat memicu rasa ingin tahu khalayak untuk membacanya.


References


Agnes, Tia. (2019). Novel Roman 'Five Feet Apart' Terbit Diakses dari https://hot.detik.com/book/d-4468952/novel-roman-five-feet-apart-terbit-di-indonesia 19-maret pada tanggal 08 Mei 2020 pukul 22.30 WIB.

Bayer, Herbert, dkk. (2009). Graphic Design Theory, Erastus Hans (penerjemah). 2010. Teori Desain Grafis. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Dayana, Anggit Setiani. (2019). 5 Sinopsis Film "Five Feet Apart", Cinta yang Terpisah 5 Langkah. Dikutip dari https://tirto.id/sinopsis-film-five-feet-apart-cinta-yang-terpisah-5 langkah-dj6c pada tanggal 08 Mei 2020 pukul 22.30 WIB.

Maharsi, Indira. (2016). Ilustrasi. Yogyakarta : Badan Penerbit ISI Yogyakarta.

Mahesa, Yudhistira. (2019). Mengenal Jenis-Jenis Font. Dikutip dari https://www.nawadwipa.co.id/mengenal-jenis-jenis-font/ pada tanggal 08 Mei 2020 pukul 22.30 WIB.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Putri, Dityatama. (2013). Menyelami Prinsip-Prinsip Desain Grafis. [Online]. Diakses dari https://idseducation.com/articles/menyelami-prinsip-prinsip-desain/

Rohmatillah, R. A, dan Oemar, E. A B. (2019). Analisis Semiotika Desain Cover Novel Radhitya Dika. Jurnal Seni Rupa, 7(3).




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v4i1.1118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Shanti Mustika, Aulia Chairunissa, Umairoh Umairoh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.