Proporsi dan Struktur Tokoh Ksatria pada Wayang Kulit Purwa Gaya Surakarta

Indah Nur Syahida, Pandu Ramadhan, Dendi Pratama

Abstract


Wayang sebuah warisan budaya yang adiluhung, keagungan filosofi dan keindahan tatahan dan sunggingan kesenian wayang ini sudah mendapat pengakuan dunia. Wayang Kulit Purwa terutama pada Tokoh  Ksatria bila kita mengamati sebuah figur wayang dari dekat, maka akan terlihat detail visual grafis yang mengagumkan dan nilai pada karakter setiap tokoh yang ada agar dapat mengetahui lebih mendalam nilai karakter dalam budaya Jawa melalui cerita dalam pagelaran wayang kulit purwa dan memperoleh pemahaman. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai Tokoh Ksatria beserta  proporsi dan struktur bentuk tubuhnya dengan gaya Surakarta, yang memiliki ciri khas atau perbedaan mendasar yaitu antara lain memiliki ukuran lebih tinggi satu palemanan daripada ukuran wayang kulit gagrak lain, seperti wayang kulit gagrak Yogyakarta, Banyumas, Cirebon, Jawa Timur. Wayang kulit gagrak Surakarta ini, memiliki proporsi fisik yang ramping dan panjang.


Keywords


Wayang Kulit Purwa; Tokoh Ksatria; Gaya Surakarta

References


Senawangi. (2017). Ensiklopedia Wayang Purwa. Jakarta: PT Sakanindo Printama.

Supriyono., Admaja, D.R., Pribadi, B.S., Susilo, D. (2008). Pedalangan Jilid 1. Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Suwarno, B. (2006). Perkembangan Wayang Kulit Purwa. (Tugas Akhir). Institut Seni Indonesia Surakarta: Surakarta.

Suwarno, B. (2014). Kajian Bentuk dan Fiungsi Wanda Wayang Kulit Purwa Gaya Surakarta Kaitannya dengan Pertunjukan. Institut Seni Indonesia Surakarta: Surakarta.

Angelina, P . J., & Wardani, L.K. (2014). Kekayaan Ragam Hias Dalam Wayang Kulit Purwa Gagrak Surakarta. Jurnal Humaniora, Vol 1 (2), hlm 402-414.

Akbar, T., Basyir, A. (2016). Asimilasi Aksara Latin Dengan Tokoh Wayang Arjuna Sebagai Upaya Mengenalkan Wayang Kepada Generasi Muda. Jurnal Desain. Vol.03 No.02, Januari 2016 hlm.119-120. Fakultas Bahasa dan SeniUniversitas Indraprasta PGRI.

Haryadi, T., Khamadi. (2014) Perancangan Model Wujud Visual Tokoh Pewayangan Dalam Pembentukan Identitas Dan Watak Tokoh Sebagai Acuan Desain Karakter Dalam Karya Dkv. Jurnal Dekave. Vol.7 No.02, 2014. hlm.57,58,63. Fakultas Bahasa dan SeniUniversitas Dian Nuswantoro Semarang.




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v2i01.110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Indah Nur Syahida, Pandu Ramadhan, Dendi Pratama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.