Mengkaji Logo Gojek Slov Berdasarkan Persepsi dan Citra Identitas Visual

Fardhan Mustagfier Abiyasa, Muhammad Arya Sanjaya

Abstract


Logo merupakan hal yang sangat penting untuk sebuah produk, perusahaan, dan organisasi. Logo sebagai identitas visual yang peran utamanya menunjukan, memperlihatkan, dan mengekspresikan kepribadian brand atau perusahaan kepada khalayak masyarakat atau taget sasaran yang dituju. Desain bentuk, komposisi warna, tipografi, dan simbol visual merupakan beberapa elemen yang terdapat dalam sebuah logo. Logo memuat pesan yang mampu membentuk persepsi dan citra sesuai dengan visi misi dan tujuan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi dan citra pada sebuah logo Gojek, seperti apa persepsi dan citra yang ingin ditunjukan perusahaan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan angket kuesioner yang berisikan pernyataan mengenai logo Gojek. Hasil jawaban pertanyaan angket kuesioner tersebut akan dianalisa secara deskriptif, sehingga dihasilkan sebuah kesimpulan bahwa logo Gojek berhasil mewakili apa yang ingin disampaikan perusahaan Gojek. Logo Gojek berhasil menyampaikan Identitas perusahaannya sehingga tercipta citra yang baik dan sesuai di dalam benak stakeholder atau pelanggan

Keywords


Logo; Persepsi; Citra; Identitas Visual

References


Amajida, F. D. (2016). Kreativitas digital dalam masyarakat risiko perkotaan: Studi tentang ojek online “Gojek” di Jakarta. Jurnal Informasi, 46(1), 115–128.

Argenti, P. A. (2010). Komunikasi korporat (5th ed.). Jakarta: Salemba Humanika.

Atsar, F. (2014). Persepsi dan citra identitas visual logo Bank Mandiri. Jurnal Itenas Rekarupa, 2(1), 10–19.

Clinten, B. (2019). Filosofi di balik logo baru Gojek yang bernama “Solv". Retrieved June 17, 2020, from Kompas.com website: https://amp.kompas.com/tekno/read/2019/07/22 /14270097/filosofi-di-balik-logo-baru-Gojek-yang-bernama-solv-

Martadi, M. (2002). Reposisi citra pada logo studi kasus perubahan logo PT Pos Indonesia. Jurnal Nirmana, 4(1).

Moleong, L.J. (2007). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nasution, A. D. (2017). Logo sebagai tanda: Analisis makna bentuk dan peranan warna pada hasil ciptaan para mahasiswa Polimedia Medan.

Nugrahani, F. (2014). Metode penelitian kualitatif. Solo: Cakra Books.

Sudiana, D. (1999). Ikhwal logo. Buletin Laboratorium Grafika. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran.

Wheeler, A., & Wheeler, A. R. (2003). Designing brand identity: A complete guide to creating, building, and maintaining strong brands. John Wiley & Sons.




DOI: https://doi.org/10.30998/vh.v3i3.1042

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fardhan Mustagfier Abiyasa, Muhammad Arya Sanjaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Sekretariat Pengelola:
Program Studi Desain Komunikasi Visual
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Indraprasta PGRI

Alamat : Kampus A Unindra, Gedung 1 lantai 2.
Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Telp. (021) 7818718 – 78835283 Fax. (021) 29121071

View My Stats

 

Creative Commons License
Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni dan Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.