Analisis Sistem Antrian Teller Menggunakan Simulasi Promodel 7,5

Luffi Indah Ristanti

Abstract


Perkembangan dunia industri saat ini sangat pesat, baik industri yang bergerak dibidang manufaktur maupun dibidang jasa. Perkembangan ini yang menyebabkan persaingan antar industri dan hal ini tentu menjadi masalah besar dalam melihat pasar dan daya saing perusahaan. Pada kondisi seperti saat ini menuntut industri perbankan untuk selalu memberikan dukungan terhadap perbankan itu harus sesuai dengan keperluan para pelanggannya. PT. Bank Syariah Mandiri merupakan salah satu industri perbankan syariah yang memberikan berbagai pelayanan terhadap penerimanya. Respon yang cepat serta menyenangkan dalam memberikan pelayanan menjadi salah satu aspek yang penting yang berkaitan dengan kebutuhan untuk menghemat dana. Namun Masalah yang sering muncul dalam pelayanan perbankan biasanya penumpukan uang di jalur layanan pada waktu tertentu yang berkaitan dengan kebutuhan harus menunggu lama dan jumlah waktu yang terbuang untuk mendapatkan pelayanan yang dibutuhkan. Berdasarkan masalah yang dialami peneliti melakukan penelitian yang dimaksudkan untuk mengetahui jumlah teller yang dibutuhkan untuk mendukung pelayanan serta model antrian yang sesuai di Bank Syariah Mandiri. Hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan menggunakan promodel 7,5, yang diperoleh utilitas dengan menggunakan 2 pelayaanan teller rata-rata utilitas sebesar 53% sedangkan dengan menggunakan 3 pelayanan teller memperoleh rata-rata utilitas sebesar 69%. Dapat digunakan untuk membandingkan 2 menggunakan utilitas belum maksimal dibandingkan dengan menggunakan 3 pelayanan. Maka, dapat disarankan untuk melakukan perbaikan sistem yang ditujukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih memadai untuk meningkatkan pelayanan yang diberikan serta dapat meminimalkan waktu tunggu.



DOI: https://doi.org/10.30998/.v3i1.1142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.