Perancangan Sistem Informasi Data Siswa SDIT Cordova Tangerang

Mudrika Latif, Puput Irfansyah, Herlinda Herlinda

Abstract


SDIT Cordova adalah salah satu sekolah yang mengandalkan teknologi komputer dalam penyimpanan data, tetapi penyimpanan filenya masih gtidak tertata dengan rapih. Hal ini tentu sangat menyulitkan saat pencarian data. Selain itu, dalam percetakan raport siswa, wali kelas harus menulisnya secara manual. Hal ini tentu akan menjadi pekerjaan yang berat untuk wali kelas, selain karena banyaknya jumlah siswa, waktu yang tersedia untuk menulis raport juga pendek, kurang dari seminggu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sistem data nilai, dan pendataan, selain itu peneliti berharap agar para pengguna dapat memahami maksud dari sistem informasi ini. Metode penelitian yang digunakan untuk menganalisis sistem ini adalah dengan menggunakan metode analisis data dan observasi lapangan. Selain itu peneliti juga menggunakan metode wawancara dan kepustakaan untuk mendapatkan data lebih lengkap. Setelah peneliti merancang dan menganalisa program sistem informasi data siswa ini, maka peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa pada aplikasi ini bagian Staf dapat menangani pekerjaan, penginputan data-data dengan cepat dan akurat serta dapat diupdate dengan mudah. Semoga dengan adanya aplikasi ini diharapkan akan mempermudah pekerjaan yang memerlukan kecepatan dan ketepatan informasi.


Keywords


Sistem Informasi; Data Siswa; SDIT Cordova

Full Text:

PDF

References


Aan Komariah, D. S. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Abdul, K. (2014). Pengenalan Sistem Informasi. yogyakarta: Andi Offiset.

Alamsyah. (2011). SISTEM INFORMASI NILAI SISWA SEKOLAH DASAR SEBAGAI PENUNJANG DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN. Jurnal SMARTek, Vol. 9 No., 287–299.

Asrori, M. A. & M. (2015). Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Lukman. (n.d.). Sistem Informasi Pengolahan Nilai Dan Data Siswa SMK Yapimda Jakarta. Jurnal Faktor Exacta, Vol. 5 No., 217–227.

Maharani, D. (2017). Perancangan Sistem Akademik Berbasis Web Pada Sekolah Islam Modern Amanah. Jurnal Manajemen Informatika Dan Teknik Komputer, Volume 2, 27–32.

Reni Haerani, R. (2019). Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Siswa Berbasis Web. JSiI |Jurnal Sistem Informasi, Vol.6 No.2, 103–109.

Rizki Rizaldy, S. (2018). Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Siswa Berbasis Object Oriented Pada SMK Kesehatan Harapan Indonesia 3. Jurnal IDEALIS, Vol.1 No.3, 224–229.

Subagyo, P. J. (2011). Metodologi Penelitian Dalam Teori Dan Praktek. Jakarta: Aneka Cipta.

Supriyati. (2012). Sistem Informasi Manajemen. Bandung: LABKAT PRESS UNIKOM.

Totok Suryanto, Dahliar Ananda, H. Y. (2012). Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Data Siswa dan Keuangan (Studi Kasus Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus Adelia Smart. Urnal Teknologi Informasi Politeknik Telkom, Vol. 1, No, 139–143.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v2i02.683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: