Perancangan Aplikasi Akademik Berbasis Desktop pada SDN Sangkali di Kabupaten Bogor

Agung Budi Laksono, Redo Abeputra Sihombing, Halimatushadi'ah Halimatushadi'ah

Abstract


Tujuan dari penelitian adalah untuk membantu mengadakan sistem terkomputerisasi guna memenuhi kebutuhan penyimpanan data pada SDN Sangkali sehingga dapat mempermudah pekerjaan dalam mencari berkas yang dibutuhkan. Selain itu memberikan kemudahan dan kecepatan dalam inputan data siswa. Metode yang digunakan untuk menganalisis perancangan akademik ini adalah metode grounded yaitu metode penelitian berdasarkan pada fakta dan menggunakan analisis perbandingan. Setelah peneliti menganalisis Perancangan aplikasi ini melalui fakta dilapangan dan memlihat sistem yang berjalan dengan sistem yang diusulkan, dan akhirnya peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa Sistem yang berjalan manual akan di ubah menjadi sistem yang komputerisasi dengan menggunakan basis data dalam mempermudah pihak sekolah untuk melakukan pengarsipan dokumen menjadi efektif, efisien dan akurat serta pembuatan inputan data pekerjaan menjadi cepat. Karena berbasis Dekstop, sistem mampu melakukan pencarian data-data akademik tersebut.


Keywords


Perancangan; Aplikasi Akademik; Java

Full Text:

PDF

References


Budi Raharjo. (2011). Belajar Otodidak Membuat Database Menggunakan SQL. Self-taught Learning to Create Databases Using SQL.

Davis, Gordon B. (2013). Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen. Pelembang: Maxikom. Basic Framework for Management Information Systems. Pelembang: Maxikom.

Fatimah, Nurul. (2015). Rancang Bangun Sistem Informasi Pengolahan Data Administrasi Reservasi Hotel Berbasis Desktop. Jakarta: Universitas Gunadarma. Design of Information Systems Processing Desktop-Based Hotel Reservation Administration. Jakarta: Gunadarma University.

Harun Al-rosyid, I. U. W. (2013). Sistem Informasi Manajemen Buku Pada Toko Buku ”Standard Book Seller” Pacitan. Sistem Informasi Manajemen Buku Pada Toko Buku ”Standard Book Seller” Pacitan.

Kristania, Y. M., Maryani (2017). Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada SMK Negeri 2 Banyumas. Web-Based Academic Information System at SMK Negeri 2 Banyumas.

Muhammad Ogi Saputra, Suranto Saputra, A. M. (2019). Perancangan Sistem Aplikasi Akademik Siswa Berbasis Desktop pada SDN Jatiwaringin VII Bekasi. Informatika.

Purba, M. (2015). Sistem informasi sekoalah menegah kejuruan (SMK) Teknologi Informasi dan Bisnis dan Bisnis Indosains Pelembang Berbasis Web. Information systems for secondary vocational schools (SMK) Information Technology and Web-Based Business and Business Development Industry.

Rendrawati, Feranika. (2010). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Data Pada SLTP N 2 Wedi Klaten. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Managemen Informatika dan Komputer, AMIKOM Yogyakarta. Analysis and Design of Data Information Systems at SLTP N 2 Wedi Klaten. Yogyakarta: College of Information and Computer Management, AMIKOM Yogyakarta.

Subhan, M. (2012). Analisa PErancangan Sistem. In Analisa perancangan sistem.

Yulianto, Susilo Veri. (2011). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Java Desktop di Pesantren Internasioanal KH. Mas Mansur. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Java Desktop-Based Information System Design at the International Islamic Boarding School KH. Mas Mansur. Surakarta: Muhammadiyah Surakarta University.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v2i02.672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: