Rancang Bangun Sistem Aplikasi Penjualan Gas dan Isi Ulang Galon di Toko HD Gas Sukahati Bogor

Luthfi Rahman, Sri Melati Sagita, Endang Sulistyniningsih

Abstract


Masyarakat Indonesia sangat bergantung pada air mineral dalam kemasan dan gas LPG untuk kebutuhan sehari-hari. Tanpa kedua sumber daya ini, hidup akan jauh lebih sulit bagi mereka. Masyarakat Indonesia menggunakan air mineral dalam galon sebagai sumber minuman utama di rumah, restoran, atau kantor mereka. Mereka menggunakan LPG sebagai bahan bakar utama untuk memasak. Ini memberi mereka pasokan air bersih dan aman serta sumber energi yang andal untuk memasak. Bahan yang sangat sering digunakan akan cepat habis dan harus segera diisi ulang. Jika seseorang tidak memiliki mobil, mengalami cuaca buruk, atau memiliki masalah waktu, mereka mungkin tidak dapat segera mengisi ulang tangkinya. Aplikasi dibuat menggunakan Java Netbeans yang mengirimkan air mineral isi ulang dan gas LPG. Aplikasi ini dibuat untuk mengatasi masalah saat ini dengan layanan ini. Hasil dari penelitian ini adalah adanya aplikasi penjualan gas dan isi ulang galon di Toko HD Gas Bogor berbasis Java Netbeans.


Keywords


Sistem Aplikasi; Penjualan; Air Mineral; Gas Elpiji; Java Netbeans

Full Text:

PDF

References


Adam, S. I. (2021). Aplikasi Pesan Antar Air Mineral Isi Ulang dan Gas Elpiji Berbasis Android. CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 13(1), 54–67.

Anastasya, F., Agus, I., & Hutajulu, B. M. W. (2021). Perancangan Aplikasi Penjualan, Pembelian Pada Toko Nodent Store Berbasis Java Netbeans Di Buaran Jakarta Timur. JUST IT: Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Komputer, 11(2), 50–55.

Briawan, D., Sedayu, T. R., & Ekayanti, I. (2011). Kebiasaan minum dan asupan cairan remaja di perkotaan. Jurnal Gizi Klinik Indonesia, 8(1), 36–41.

Dewanto, P. I., Arif, S. M., & Dwitiyanti, N. (2021). Sistem Aplikasi Pendistribusian Gas Elpiji 3kg Pada Pangkalan Ade Suryanih Berbasis Dekstop. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 5(1).

Dhyaksa, A. (2018). Nyaris separuh rumah tangga Indonesia minum air kemasan. Beritagar. Id. Diakses Dari Https://Beritagar. Id/Artikel/Gaya-Hidup/Nyaris-Separuh-Warga-Indonesia-Minum-Air-Mineral-Kemasan.

Frisbie, M. (2019). Professional JavaScript for Web Developers. John Wiley & Sons.

Jacobson, I., Booch, G., & Rumbaugh, J. (1996). The Unified Modeling Language. University Video Communications.

Objek, M. B., & Revisi, E. (2004). Informatika Bandung. Rosa AS.

Prakasa, B., & Suharto, A. (2022). APIKASI BANK SAMPAH ONLINE BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL DENGAN METODE EXTREME PROGRAMMING (STUDI KASUS: KARANG TARUNA PURI SERPONG 1). Jurnal ESIT (E-Bisnis, Sistem Informasi, Teknologi Informasi), 17(2).

Putra, R. R. C., & Lestari, I. (2018). Aplikasi Pemesanan Air Mineral Berbasis Android Pada PT. Citra Golden Tunggal Pangkalpinang. Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI) 2018.

Raksanagara, A. S., Fitriyah, S., Afriandi, I., Sukandar, H., & Sari, S. Y. I. (2018). Aspek internal dan eksternal kualitas produksi depot air minum isi ulang: studi kualitatif di Kota Bandung. Majalah Kedokteran Bandung, 50(1), 53–60.

Ramadhan, L. I., Syauqy, D., & Prasetio, B. H. (2017). Sistem Pendeteksi Kebocoran Gas LPG Menggunakan Metode Fuzzy yang Diimplementasikan dengan Real Time Operating System (RTOS). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer E-ISSN, 2548, 964X.

Statistik, B. P. (2017). Rata-rata Banyaknya Anggota Rumah Tangga menurut Provinsi, 2000-2015. Usia ( Https://Www. Bps. Go. Id/).




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v3i04.6467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: