Perancangan Media Pembelajaran Mengenal Asmaul Husna Berbasis Android

Yuventia Hesti Ningrum, Dwi Dani Apriyani, Zikriah Zikriah

Abstract


Asmaul Husna merupakan Asma Allah yang Agung. Masih banyak masyarakat yang belum menghafal Asmaul Husna secara keseluruhan. Pengenalan Asmaul Husna saat ini masih banyak di dominasi oleh buku yang mana media seperti buku memiliki beberapa kekurangan seperti fisik yang mudah rusak dan kurang interaktif yang menyebabkan mudah bosan dan anak-anak di generasi milenial sekarang lebih tertarik menggunakan smartphone untuk bermain game dan bersosial media sehingga lebih senang menatap layar dibandingkan membaca buku. Tujuan Penelitian adalah untuk membangun aplikasi perangkat lunak berbasis android yang akan mempermudah dalam pembelajaran anak-anak dalam mengenal Asmaul Husna. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka dan studi lapangan yang berupa observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini dapat mempermudah anak-anak dalam belajar mengenal Asmaul Husna dengan menggunakan aplikasi media pembelajaran mengenal asmaul husna berbasis Android.

Kata kunci: Perancangan, Media Pembelajaran, Asmaul Husna, Android


Full Text:

PDF

References


Abdillah, F., Adhiguna, D., & Sevtiana, A. (2017). Perancangan Video Profile sebagai Media Promosi STMIK CIC dengan Tehnik Motion Graphic Menggunakan Perangkat Lunak Komputer Graphic. Jurnal DIGIT.

Ariyati, Sri, & Misriati, T. (2016). Perancangan animasi interaktif pembelajaran asmaul husna. Jurnal Teknik Komputer Amik Bsi, II(1), 116–121.

Farid, M., & Darmawan, A. K. (2017). PERANCANGAN APLIKASI GAME PEMBELAJARAN ASMAUL HUSNA. 2017(Sehati), 53–57.

Mania, S. (2008). Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Pengajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(2), 220–233. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n2a7

Yudhanto, Y. & W. A. (2018). Mudah Membuat dan Berbisnis Aplikasi Android dengan Android Studio. In Kompas Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v1i04.466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: