Perancangan Sistem Informasi Penjualan pada Toko Wilokity

Fitri Dwi Yanti, Randi Ramliyana

Abstract


Toko Wilokity merupakan tempat dagang yang bergerak di bidang sandang. Dalam pengolahan data penjualan masih dilakukan secara manual, sistem yang belum terkomputerisasi tersebut banyak dampak yang dirasakan oleh pihak pegawai, diantaranya sering terjadi kurang efektif dan efisien dalam memasukan data stok barang, kesalahan dalam pencatatan proses penjualan, tidak efisienya laporan data keuangan. Dari semua dampak yang terjadi membuat pihak toko ingin mengubah sistem manual yang ada dengan sistem komputerisasi. Aplikasi ini dibuat guna mambentu kinerja pegawai dalam hal pengolahan data penjualan sehiingga lebih efektif, efisien, dan cepat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yaitu metode pengukuran data kuantitatif dan statistika objektif melalui perhitungan ilmiah berasal dari sampel orang-orang atau penduduk yang diminta menjawab sejumlah pertanyaan tentang survei untuk menentukan frekuensi dan persentase tanggapan mereka. Tujuan Penelitian adalah untuk membuat model rancangan sistem informasi penjulan Toko Wilokity yang efisien dan dapat membantu kinerja pegawai dan kasir pada saat transaksi penjualan sandal. Kesimpulaan dari penelitian ini adalah dengan adanya sistem informasi pengelolaan data penjualan yang terkomputerisasi dapat memberikan kemudahan untuk pihak toko dalam mengelolah data penjualan menjadi lebih akurat, efisian dan cepat serta mempercepat waktu pembuatan laporan.  Serta, dapat mempermudah pegawai dan kasir dalam melakukan proses transaksi penjualan, menjadi lebih efektif dan efisien serta data barang tersusun rapi dalam database.


Keywords


Sistem Informasi; Penjualan; Toko

Full Text:

PDF

References


Ansirwan, Thomson Mary, I. (2020). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Barang Pada Toko Bangunan MR Berbasis Desktop. E-Tech, Volume 08(ISSN: 2541-3600), 1–7.

Denny Rusdianto, S.T., M.Kom, Y. satia. (n.d.). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN DI TOKO TANAKA OPTIKAL BANDUN. Jurnal Sistem Informasi, J-SIKA, Volume 01(ISSN: 2716-4195), 16–26.

Indah, I. N. (2013). PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA TOKO SEHAT JAYA ELEKTRONIK PACITAN. Indonesian Jurnal on Computer Science - Speed (IJCSS) 16 FTI UNSA, Vol 10 No(ISSN : 1979‐9330 (Print) ‐ 2088‐0154 (Online) ‐), 124–128.

Ipnuwati, S. (n.d.). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PADA TOKO MINAK SINGA. Explore – Jurnal Sistem Informasi Dan Telematika, (ISSN 2087-2062), 12–20.

Ladjamudin, A.-B. Bin. (2013). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarata: Graha Ilmu.

Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing.

Subagyo, P. J. (2011). Metodologi Penelitian Dalam Teori Dan Praktek. Jakarta: Aneka Cipta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Thommy Willay, Abriyono, M. G. (n.d.). Perancangan Sistem Informasi Penjualan (Studi Kasus Pada Toko Apollo. Junrnal In Teksis, Vol 3 No 2, 39–48.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v3i04.4125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: