Rancang Bangun Sistem Aplikasi Reservasi Aula Masjid Al-Huda Muhammadiyah Tebet Timur

Karimah Karimah, Arif Susanto, Ulfa Pauziah

Abstract


Aula Masjid Al-Huda Muhammadiyah Tebet Timur yang bergerak dalam bidang pelayanan penyewaan tempat, dalam pencatatan jadwal sering terjadi human error yang karena masih dilakukan secara manual, dan sulitnya pengecekan jadwal booking karena media pencatatn yang digunakan masih memakai media kertas. Sehingga, perlu adanya suatu sistem aplikasi reservasi, aplikasi ini dibuat guna membantu kinerja pegawai dalam hal penyewaan sehingga tidak banyak buku yang dikeluarkannya untuk pencatatan sehingga dapat membantu dalam membuat laporan yang tepat dan akurat serta untuk membantu mengendalikan proses penyewaan fasilitas Aula Masjid Al-Huda Muhammadiyah Tebet Timur. Penyewaan aula seperti laporan data penyewa, data booking, data pelunasan, data pembatalan per periode, serta laporan bukti booking, bukti pelunasan, dan bukti pembatalan, yang dapat mempermudah admin aula dalam mengolah data-data tersebut karena data-data tersebut tersimpan di database dengan rapih, teratur, serta aman. Metode  penelitian yang ini yaitu menggunakan metode Grounded Research yaitu suatu metode penelitian yang berdasarkan pada fakta dan menggunakan analisis perbandingan dengan tujuan mengadakan generalisasi empiris, menetapkan konsep, membuktikan teori, mengembangkan teori, pengumpulan dan analisis data dalam waktu yang bersamaan. Tujuan dengan adanya aplikasi ini nantinya akan akan memudahkan dalam pengolahan data pembuatan laporan.

Kata Kunci : Sistem Informasi, Pengolahan Data, Reservasi Aula


Full Text:

PDF

References


Aisyah, Nurul, Asep, A. Y. (2019). SISTEM PENYEWAAN GEDUNG SERBAGUNA DI MASJID AGUNG AL-BARKAH BEKASI. Jurnal Interkom, (Vol. 14 No. 2 – Juli).

Hutahaean, David Josua, Niken Hendrakusma Wardani, W. P. (2019). Pengembangan Sistem Informasi Penyewaan Gedung Berbasis Web dengan Metode Rational Unified Process (RUP) (Studi Kasus: Wisma Rata Medan). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, (Vol. 3, No. 6, Juni), 5789–5798.

Pahlevi, Pahlevi, M. F. (2016). Perancangan Sistem Informasi Reservasi Online Pada Hotel “XXX.” UG jurnal, (Vol. 10 No. 03), 31–37.

Prasetia, Andi Ahmad. (2018). Sistem Informasi Reservasi Gedung Serbaguna di Kota Palembang Berbasis Android. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, dan Sains, (Volume 7, Nomor 1, Juni), 121–128.

Setiawan, Agus, Agus Alim Muim, B. R. (2019). PERANCANGAN SISTEM RESERVASI GEDUNG DAN AULA BERBASIS WEB DI WILAYAH BANJARMASIN. Jurnal Ilmiah ”Technologia”, (Vol 10, No.1, Januari – Maret), 1–4.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v1i03.391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: