Sistem Administrasi Klinik Harapan Ibu Berbasis Java Netbeans

Sumardi Sumardi, Ika Mei Lina, Diyan Parwatiningtyas

Abstract


Penyebab kesulitan dalam mencari data pasien pada saat pendaftaran umumnya terjadi akibat dari pelayanan yang kurang efektif terutama pada klinik yang belum menggunakan sistem komputerisasi. Penelitian ini selain menganalisa juga bertujuan membuat sistem informasi pada klinik, agar kinerja terkait bagian pelayanan menjadi lebih efektif, sehingga memberikan pelayan terbaik terhadap pasien. Untuk metode penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif Deskriptif dan teknik pengumpulan data dengan studi lapangan melalui pengamatan langsung dan wawancara fakta yang terjadi di lapangan serta studi kepustakaan untuk mendapatkan dan memperoleh informasi yang lebih akurat dan lengkap mengenai data yang dibutuhkan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian dengan dirancangnya sistem administrasi klinik Harapan Ibu yang dibuat menggunakan salah satu bahasa pemrograman yaitu Java dan database MySql, tentunya untuk meningkatkan efektifitas kinerja bagian-bagian terkait pelayanan seperti pada bagian pendaftaran, pemeriksaan serta pembayaran pada saat penginputan dan pencarian data serta dalam pembuatan laporan dengan begitu akan memberikan pelayanan terbaik dan mempermudah pasien untuk mendaftar saat berkunjung..

Kata Kunci : Java, Sistem Informasi, Administrasi, Klinik


Full Text:

PDF

References


Jogiyanto. (2010). Analisa dan Desain Sistem Informasi. In Yogyakarta: Andi.

R. S. Pressman. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak Edisi 7. In Teknoif.

Rizky, S. (2011). Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. In Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak.

Sugiarti, Nuryasin, Y., & Fitriani, N. (2015). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Rawat Inap (Studi Kasus : Rumah Sakit Ibu Dan Anak Buah Hati Ciputat). Jurnal Sistem Informasi.

Sugiyono. (2017). Metode Kuantitatif. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Sukamto, Ariani, R., & Shalahuddin, M. (2013). Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Obyek).

Sutabri, T. (2012). Analisis Sistem Informasi. In Analisa Sistem Informasi.

Utami, L. A. (2015). Sistem Informasi Administrasi Pasien Pada Klinik Keluarga Depok. Konferensi Nasional Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v1i03.360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: