Perancangan Sistem Aplikasi Pembayaran pada SMPI Al-Hasyimiyah Berbasis Java Netbeans

Dwiky Ramadhan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempermudah pekerjaan Staff Tata Usaha pada SMPI AL-HASYIMIYAH sehingga dapat dikerjakan secara lebih cepat dan efektif. Pada saat ini sistem yang ada di SMPI AL-HASYIMIYAH masih menggunakan cara manual dalam pembuatan laporan dan proses pembayaran. Maka dari itu dengan adanya aplikasi ini dari sistem manual menjadi terkomputerisasi, diharapkan agar sistem pembayaran pada saat ini lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan sebelumnya. Peneliti juga melakukan penelitian dengan metode grounded research yaitu metode yang dilakukan berdasarkan fakta yang sebenarnya dan menggunakan analisa perbandingan dengan tujuan mengadakan generalisasi empiris, menetapkan konsep, membuktikan teori, mengembangkan teori, pengumpulan data dan analisa data dalam waktu yang bersamaan. Setelah dilakukan pengujian peneliti menyimpulkan bahwa aplikasi pembayaran berbasis sistem komputer dapat secara efektif dan efisien dalam penyajian data yang cepat dan akurat, Sistem Pembayaran ini tercipta dengan dukungan bahasa pemograman Java Netbeans 8 dan XAMPP.

Kata Kunci : Perancangan, Aplikasi, Pembayaran, Java Netbeans.


Full Text:

PDF

References


Fathansyah. (2012). Basis Data. Bandung: Informatika.

Nazir. (2011). Metode Penelitian. Yogyakarta: Buku Beta.

Nurdiyanti, Yanti. (2018). Pembayaran SPP dengan System Informasi Manajemen Sekolah Studi Pada Madrasyah Aliyah YPP Babakan Jamanis. ManagementRiview, 2, 1.

Rochman, Abdur, Achmad Sidik, N. N. (2018). Perancangan Sistem Informasi Administrasi Pembayaran SPP Siswa Berbasis Web di SMK Al-Amanah. SISFOTEK GLOBAL, 8.

Sutabri, Tata. (2012). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v1i03.350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: