Sistem Informasi Penjualan Motor Secara Tunai pada Yamaha Victory Depok Berbasis Java

Septian Tri Argi, Aan Risdiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi penjualan di Yamaha Victory Depok, serta mendeskripsikan hasil uji coba sistem aplikasi penjualan. Metode penelitian yang digunakan dalam perancangan aplikasi ini adalah metode Grounded Research. Yaitu suatu metode penelitian yang mendasarkan diri kepada fakta dan menggunakan analisa perbandingan bertujuan untuk mengadakan generalisasi empiris, menetapkan konsep-konsep, membuktikan teori dan mengembangkan teori dimana pengumpulan data dan analisa data berjalan pada waktu yang bersamaan. Pada metode ini data menjadi dasar pembentukan teori. Peneliti mengumpulkan data langsung di Yamaha Victory. Dengan metode wawancara langsung kepada pemilik perusahaan dan karyawannya. Tidak hanya wawancara, peneliti juga melakukan observasi di Yamaha Victory. Data yang diperoleh dianalisa sebagai pembentukan teori yang menjadi dasar pembuatan aplikasi penjualan. Selama penelitian, peneliti menemukan berbagai masalah yang dihadapi di perusahaan tersebut yaitu kendala sistem yang masih sangat manual sehingga pekerjaan tidak cepat dan efektif. Dapat disimpulkan bahwa dengan adanya aplikasi yang sudah terkomputerisasi, transaksi di penjualan semakin mudah dan cepat.

 

Kata Kunci: Sistem Informasi, Aplikasi Penjualan, Java


Full Text:

PDF

References


Ananta, D. (2013). Perancangan Aplikasi Penjualan Barang Berbasis Desktop Pada Cv. Metro Rantauprapat. Defri Ananta J.Informatika AMIK-LB.

Hidayat, R., Marlina, S., & Utami, L. D. (2017). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Barang Handmade Berbasis Website Dengan Metode Waterfall. Simnasiptek 2017.

Krismaji. (2015). Pengertian sistem menurut krismaji. In Sistem Informasi Akuntansi.

MADCOMS. (2016). PEMROGRAMAN PHP dan MySQL untuk pemula. In ANDI.

Nugroho, B. (2014). Dasar Pemrograman Web PHP-MySQL dengan Dreamweaver. Gava Media. https://doi.org/10.1016/0378-1119(87)90155-7

Wahana, K. (2015). Membangun Sistem Informasi Java dengan NetBeans dan MySQL. Andi Ofset.

Yakub. (2014). Pengantar Sistem Informasi. Igarss 2014. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v1i02.291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: