Rancang Sistem Informasi Transaksi Berbasis Java pada Warung Makan Soto Ayam Pacitan

Yogi Ari Prasetyo, Yoggi Prasetyo Octavian, Erlando Doni Sirait

Abstract


Rumah Makan Soto Ayam Pacitan adalah Rumah Makan yang menjual bermacam-macam makanan siap saji. Rumah makan Soto ayam pacitan merupakan salah satu rumah makan yang proses jual  belinya  masih  menggunakan  sistem  manual. Pada proses penjualan makanan biasanya masih ditulis pada buku penjualan atau nota saja. Pada proses mengetahui harga jual yang ada di menu makanan yang di pilih, oleh karena itu perlu dibuat sistem Aplikasi Penjualan makanan pada Rumah Makan Soto Ayam Pacitan dengan komputerisasi. Salah satu rumah makan yang menjadi objek penelitian adalah rumah makan Soto Ayam Pacitan. Banyaknya pelanggan yang datang ke rumah makan sering kali membuat pelayan kesulitan melayani pelanggan secara optimal. Saat ini transaksi penjualan dan pembelian masih dilakukan secara manual, dikarenakan masih dilakukan secara manual maka sering terjadi kesalahan dalam pencatatan nota, perhitungan masih menggunakan kalkulator, dan tidak adanya pembuatan laporan penjualan dan pembelian sehingga kurang jelasnya rincian pendapatan yang diperoleh, masih ditemukan kesalahan mengenai persediaan atau stok makanan.


Keywords


Sistem Informasi; Java; Transaksi; Aplikasi Kasir

Full Text:

PDF

References


Bassil, Y. (2012). A Simulation Model For The Waterfall Software Development Life Cycle. International Journal of Engineering & Technology (iJET).

Dyana, Panni. (2017). Perancangan Aplikasi Pemesanan Makanan di Rumah Makan Berbasis Android (Studi Pada Pondok Ikan Bakar Lesehan Ala’Dien). Fakultas Ilmu Komputer. Jakarta: Universitas Esa Unggul.

Jogiyanto. (2010). Analisis dan Desain Sistem Informasi, Edisi IV. Yogyakarta: Andi Offset.

Mursyidi. (2010). Akuntansi Dasar. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sartono, Agus. (2010). Manejemen Keuangan Teori dan Aplikasi Edisi 4. Yogyakarta: BPFE.

Soetam, Rizky. (2011). Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak, Jakarta: Prestasi Pustaka.

Sukamto dan Shalahudin, M. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Sutabri, Tata. (2012). Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Wahana Komputer (2010). Panduan Belajar MySQL Database Server. Jakarta: Media Kita.

Yusdiardi. (2014). Rancang Bangun Sistem Penjualan (Studi kasus PT.I-Cube Creativindo). Fakultas Sains dan Teknologi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayahtullah.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v3i04.2468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: