Perancangan Aplikasi Administrasi Rukun Tetangga pada RT 02 RW 09 Pancoranmas Depok

Muhammad Farhan Hidayat, Budi Santoso

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan Ketua RT dalam pengolahan data warga dan juga dalam hal administrasi secara komputerisasi. Sistem ini di buat dengan metode Grounded Research yaitu suatu metode penelitian yang bertujuan untuk mengadakan empiris, menetapkan konsep – konsep, membuktikan teori dan mengembangkan teori. Hasil dari penelitian ini adalah adanya sistem baru menggunakan Aplikasi Java dan dengan Database dari MySQL dapat mempermudah dan membantu kegiatan Administrasi Ketua RT dalam menjalankan tugasnya agar lebih optimal dan mengurangi kendala yang sebelumnya sering terjadi dalam hal membuat surat, mengolah data warga dan penyimpanan data warga menjadi pembuatan surat secara terkomputerisasi, pengolahan data warga secara digital dan juga penyimpanan data warga menggunakan database.


Keywords


Administrasi; RT; Grounded Research; Java; MySQL

Full Text:

PDF

References


Hamali, Arif Yusuf. (2019). Pemahaman Praktis Administrasi,Organisasi, dan Manajemen Strategi Mengelola Kelangsungan Hidup Organisasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Susilana, Rudi. (2017). Modul 4 Metode Penelitian. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Rizky, Soetam. (2011). Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Pane, Syafrial Fachri. dkk. (2020). 1. Membangun Aplikasi Peminjaman Jurnal Menggunakan Aplikasi Oracle Apex Online. Bandung: Kreatif Industri Nusantara.

Sofyan, Asep Abdul. (2016). 3. Perancangan Sistem Informasi Perencanaan dan Pengendalian Bahan Baku Pada PT. Hema Medhajaya. Jurnal Sisfotek Global, 2, 2088 – 1762 Vol. 6 No. 1

Safaat H, Nazrudin (2012). Pemrograman aplikasi mobile smartphone dan tablet pc berbasis android. Bandung: Informatika.

Nasution, Ichsam. (2020). 1. Membangun Aplikasi Peminjaman Jurnal Menggunakan Aplikasi Oracle Apex Online. Bandung: Kreatif Industri Nusantara.

Haqi, Bay. dkk. (2019). Aplikasi Absensi Dosen dengan Java dan Smartphone sebagai Barcode Reader. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Enterprise, Jubilee. (2016). Belajar Java, Database, dan NetBeans dari Nol. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Nugroho, Rizzaq Anyur. (2019, April). Fungsi Administrasi, Ini Ciri-ciri dan Tujuannya. https://hot.liputan6.com/read/3941304/fungsi-administrasi-ini-ciri-ciri-dan-tujuannya




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v3i03.2181

Refbacks



Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: