Sistem Informasi Penjualan Berkonsep Pemesanan Mandiri RM Perang Kerang Depok

Rizkiana Hadi Saputra

Abstract


Zaman sekarang teknologi telah tumbuh sangat pesat, masyarakat pun membutuhkan teknologi untuk keperluan mereka, terlebih lagi untuk perusahaan. Teknologi yang diperlukaan saat ini adalah komputer. Maka dari itu, Rumah Makan Perang Kerang mempunyai permasalahan yaitu masih menggunakan cara manual dalam pemesanan menu untuk pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah merancang sistem informasi penjualan berkonsep pemesanan mandiri untuk pelanggan yang dapat digunakan saat memesan menu di Rumah Makan Perang Kerang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research & Development, yaitu penelitian berdasarkan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk dan desain, penyempurnaan produk, dan implementasi. Sistem informasi penjualan berkonsep pemesanan mandiri ini dibuat untuk menjadi lebih efektif dan efisien dalam memesan menu, informasi pesanan, penghitungan pembayaran, dan laporan – laporan yang diperlukan dalam Rumah Makan Perang Kerang. Sistem informasi ini dibuat menggunakan Software Netbeans dan database MySQL.


Keywords


Penjualan Berkonsep Pemesanan Mandiri, Menu, Research & Development, Netbeans, MySQL

Full Text:

PDF

References


Asropudin. P. (2013). Kamus Teknologi Informasi Komunikasi. Titian Ilmu.

Aswari, A., Santos Butar-Butar, F. T., & Halimatusha’diah, H. (2020). Rancangan Aplikasi Elektronik Menu Restoran PJ83 Jakarta Berbasis Android. Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 1(02), 222–229.

Indrajani, S. K. M. M. (2015). Database Design. Elex Media Komputindo.

Miftakhul Huda, B. K. (2010). Membuat Aplikasi Database. Elex Media Komputindo.

Riestiana, M., & Sukadi. (2014). Sistem Informasi Penggajian Karyawan Pada Commenditaire Vennontschap (CV) RGL Bordir Dan Konveksi Pacitan. IJNS – Indonesian Journal on Networking and Security, 9330(4), 1–7.

Siahaan, I. K. (2018). Informasi Pemesanan Menu Dengan Perangkat Nirkabel Pada Cafe Resto. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 3(2), 1020–1029.

Sugiyono, P. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung.

Sulistiyowati, L. (2013). Panduan Praktis Memahami Laporan Keuangan. Elex Media Komputindo.

Sutabri, T. (2012). Konsep Sistem Informasi. Penerbit Andi.

Tegar., Purwanti, E., dan Purbandini. (2012). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pemesanan dan Penjualan Barang Dengan Metode Berorientasi Objek di U.D Aneka Jaya Surabaya. Jurnal Sistem Informasi Universita Airlangga.

Tompoh, J. F., Sentinuwo, S. R., & Sinsuw, A. A. E. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Menu Makanan Restoran Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika, 9(1), 1–9.

Wardana, S. H. M. S. (2010). Menjadi Master PHP dengan Framework Codeigniter. Elex Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v2i03.1670

Refbacks

  • There are currently no refbacks.