Perancangan Aplikasi Perpustakaan Berbasis Desktop di SMP Negeri 01 Citeureup

Revael Yos Panjaitan, Helmi Veris Suparyo, Lies Sunarmintyastuti

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk merancang aplikasi perpustakaan karena pada perpustakaan tersebut masih menggunakan buku catatan secara tertulis, sehingga ada buku yang belum terdata secara menyeluruh dengan baik oleh SMP Negeri 01 Citeureup. Pencarian buku yang dilakukan secara manual oleh siswa menyebabkan antrian dalam mencari buku menjadi lama, dalam memberikan denda terjadi kekeliruan soal berapa buku yang harus di denda. Serta proses pengolahan data-data buku yang ada di perpustakaan  masih dilakukan secara manual. Dalam pembuatan laporan masih menggunakan pencatatan sehingga resiko kehilangan dan kerusakan buku terus terjadi. Dalam perancangan aplikasi yang ada pada SMP Negeri 01 Citeureup digunakan metode waterfall, aplikasi ini dibuat dengan menggunakan PHPMyAdmin untuk database dan aplikasi NetBeans sebagai alat bantu pembuatan aplikasi sistem informasi tersebut. Hasil dari penelitian adalah aplikasi ini dapat membantu proses pencatatan pendaftaran dan peminjaman buku, pengembalian buku dan membantu mempercepat proses pembuatan laporan dengan cepat.

Full Text:

PDF

References


Bunafit Nugroho. (2014). Database Relasional Dengan MySQL. Andi.

Haryanto, B. (2011). Esensi - esensi Bahasa Pemrograman Java. Andi.

Jogiyanto. (2012). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Andi.

Subtari. (2012). Konsep Sistem Informasi. Andi Offset.

Sutarno, N. (2016). Perpustakaan dan Masyarakat. CV. Sagung Seto.

Suwarno, W. (2010). Pengetahuan Dasar Kepustakaan. Ghalia Indonesia.

Syafriyanto. (2012). Perancangan Sistem Informasi pada Perpustakaan SMK Hidayatut Thalibin Jakarta. Universitas Indraprasta PGRI.

Utapara, F. V. L. (2013). Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Online pada SMP Sint Joseph Jakarta. Universitas Indraprasta PGRI.

Yakub. (2012). Pengantar Sistem Informasi. Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v1i01.151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI) indexed by: