Perancangan Aplikasi Barang Masuk dan Barang Keluar pada Toko Dimas Jaya Ban

Rini Hoirunnisa, Forkas Tiroy Santos Butar-Butar, Ai Solihah

Abstract


Dalam persaingan global saat ini teknologi informasi menjadi kebutuhan primer di segala bidang. Sebagai contoh nyata saat ini adalah teknologi pada sistem yang komputerisasi. Masalah yang dihadapi adalah bagaimana merancang suatu sistem informasi yang mencatat barang masuk dan barang keluar dengan detail dan rapih pada laporan. Tujuan dari penelitian adalah untuk mempermudah pekerjaan karyawan toko Dimas Jaya Ban Depok dalam mengelola data persediaan barang masuk dan barang keluar sehingga dapat terselesaikan secara lebih cepat, tepat dan efisien. Metode penelitian yang digunakan dalam mengembangkan sistem informasi adalah dengan pendekatan metode waterfall. Setelah dilakukan pengujian terhadap sistem, ditemukan bahwa sistem persediaan barang masuk dan barang keluar dapat memenuhi kebutuhan akan suatu proses pengolahan data yang cepat, akurat serta efektif dan efisien. Perancangan sistem informasi barang masuk dan barang keluar ini dibangun dengan menerapkan pemrograman JAVA berbasis Desktop yang dikembangkan menggunakan software NetBeans dan software XAMMP untuk mengelola database pada sistem.


Keywords


Perancangan, Persediaan Barang Masuk dan Keluar, Java

Full Text:

PDF

References


Efriyanti, M., Garaika, R. I., & Irviani, R. (2018). Analisis Implementasi Electronic Commerce Untuk Meningkatkan Omset Penjualan Butik Mery Berbasis Web Mobile. Jurnal Signaling, 7(2), 45-51.

Hasyim, W., & Suryadi, A. (2021, January). Sistem Informasi Persediaan Dan Pendistribusian Kartu ATM Pada Bank Syariah Mandiri. In Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi) (Vol. 5, No. 1).

Jogiyanto, H. M. (2005). Analisis & Desain Sistem Informasi. Yogjakarta: Andi Offset.

Mardalius, M. (2018). Perancangan Dan Implementasi Point Of Sale System Menggunakan Bahasa Pemprograman Visual Basic. Net 2013 Dan Database Sql Server 2012 Pada Toko Rafadel.

Munawaroh, S. (2006). Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang. Dinamik, 11(2).

Nur, H. (2019). Penggunaan Metode Waterfall Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan. Generation Journal, 3(1), 1-10.

Nurfi, S. (2020). Sistem Informasi Inventori Barang Pada CV. Putra Karya Baja Dengan Metode Waterfall. BINA INSANI ICT JOURNAL, 7(2), 145-155.

Rosa, A. S. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek.

Rizky, S. (2011). Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Sugiyono, M. P. P., & Kuantitatif, P. (2009). Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta. Cet. VII.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v2i03.1390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.