Perancangan Aplikasi Pengenalan Cerita dan Doa Nabi Berbasis Android

Febri Budi Utomo, Forkas Tiroy Santos Butar-Butar, Ai Solihah

Abstract


Teknologi semakin cepat berkembang dan salah satunya adalah teknologi smartphone. Dalam hal ini sebuah smartphone pastinya membutuhkan suatu aplikasi dan informasi kepada para pengguna terutama beberapa masyarakat pastinya belum tahu banyak tentang Cerita Nabi dan Doa Nabi . Jadi tujuan dari penelitian adalah untuk membantu anak-anak dan masyarakat khususnya yang beragama Islam dalam mengenai. Cerita Nabi dan Doa Nabi dengan sebuah smartphone berbasis Android. Dengan adanya aplikasi ini pengguna bias lebih mudah beredukasi dalam mengetahui sejarah-sejarah setiap Nabi dan doa Nabi terutama untuk anak-anak, karena bias diakses langsung melalui sebuah smartphone tanpa harus mencari terlebih dahulu melalui internet. Dan peneliti membuat aplikasi ini bagaimana agar anak-anak tertarik dengan aplikasi ini, dalam aplikasi ini terdapat teks cerita. Nabi dan video animasi yang menjelaskan dari teks cerita tersebut. Dan terdapat doa Nabi dalam bentuk audio dan kuis agar mempermudah pengguna mengetahui cerita dan doa Nabi. Dalam perancangan aplikasi ini, metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode Grounded Research yaitu metode penelitian berdasarkan fakta, pengumpulan data, studi Pustaka dan observasi. Dengan metode pengembangan sistem yang digunakan adalah Modified Waterfall. Setelah peneliti membuat perancangan aplikasi pengenalan cerita Nabi dan doa Nabi berbasis android, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa program ini dapat mempermudah pengguna terutama bagi anak-anak dalam beredukasi.


Keywords


Perancangan Aplikasi, Cerita 25 Nabi, Doa Nabi, Kuis, Android

Full Text:

PDF

References


A. S., Rosa dan Shalahuddin, M. 2013. “Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek.” Bandung: Informatika.

Afriansyah, Aidil. 2018. “APLIKASI TUNTUNAN DO’A-DO’A HARIAN UMAT MUSLIM BERBASIS ANDROID.” Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer.

Gun Gunawan, Gun, and H. Bunyamin. 2016. “Pengembangan Aplikasi Kisah 25 Nabi Dan Rasul Berbasis Android.” Jurnal Algoritma 12(2):298–295. doi: 10.33364/algoritma/v.12-2.298.

Hidayat, Wahyu. 2016. “Perancangan Media Video Desain Interior Sebagai Salah Satu Penunjang Promosi Dan Informasi Di Pt . Wans Desain Group.” Perancangan Media Video Desain Interior Sebagai Salah Satu Penunjang Promosi Dan Informasi Di Pt. Wans Desain Group.

Indrajit, Richardus Eko. 2011. “Peranan Teknologi Informasi Dan Internet.” Yogyakarta: Andi Offest.

Kusmanto. 2018. “Perancangan Aplikasi Pendataan Suplayer Getah Karet Pada Pt. Rubber Hock Lie Menggunakan Visual Basic.Net.” Jurnal INFOTEK.

Nazruddin Safaat H. 2012. Android : Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet PC Berbasis Android (Edisi Revisi).

Pressman, Roger S., Bruce R. Maxim. 2014. Software Engineering A Practitioner’s Approach.

Rizky, Soetam. 2011. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: Indonesia.

Sugiyono, Prof. Dr. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,Dan R&D.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v2i03.1383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.