Sistem Informasi Pengelolaan Keluhan Pelanggan pada Toko Kain Flanel Jakarta Timur

Iif Rohimah, Nunu Kustian

Abstract


Ketika perusahaan dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan baik kepada pelanggan maka akan sangat membantu meningkatkan kualitas perusahaanserta loyalitas dari konsumen.Toko Kain Flanel merupakan sebuah distributor yang bergerak di dalam bidang penjualan bahan kerajinan dan alat kerajinan, toko tersebut mampu menerima pesanan 50 hingga 200 pesanan setiap harinya. Namun didalam proses bisnis yang berjalan toko tersebut masih menggunakan sistem konvensional dalam pengolahan data. Akibatnya banyak terjadi kesalahan yang dilakukan oleh perusahaan kepada pelanggan. Permasalahan tersebut dapat berdampak buruk pada loyalitas konsumen kepada perusahaan.Berdasarkan latar belakang permasalahan tersebut maka dibuatlah sebuah rumusan masalah dengan pokok bahasan merancang sebuah sistem yang dapat membantu pencarian semua data, mengelola data keluhan, pemberian bukti transaksi serta membuat laporan yang dapat diberikan kepada pimpinan. Dengan adanya teknologi maka dapat mengatasi permasalahan pada proses bisnis tersebut dan dirancanglah sebuah sistem informasi pengelolaan keluhan pelanggan. Dalam pembuatan sistem ini menggunakan metode pengembangan waterfall dan untuk pengumpulan data digunakan studi lapangan serta studi Pustaka. Dengan adanya sistem informasi ini maka diharapkan dapat memudahkan dalam mengelola keluhan pelanggan dan memberikan solusi yang tepat agar meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap Toko Kain Flanel.


Keywords


Sistem Informasi, Keluhan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan, Desktop.

Full Text:

PDF

References


Al Amin, I., & Kristanto, K. (2014). Aplikasi Customer Relationship Management (Crm) Di Cv. Matahari Digital Printing Semarang. Jurnal Ilmiah Dinamika Teknik, 8(2), 49–65.

Artanti, Y., & Ningsih, L. (2013). Pengaruh Penanganan Keluhan Terhadap Loyalitas Nasabah Pt. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Perantara (Studi Pada Nasabah Bank Muamalat Cabang Surabaya). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 14(9), 71–85.

Hasugian, H., & Idrus, M. (2015). Rancang Bangun Sistem Informasi Penanganan Keluhan Pelanggan Pada PT. Jasko Prima Sejahtera. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi 2015 (SENTIKA 2015), Sentika, 143–150.

Hidayat, A., & Machali, I. (2012). Pengelolaan Pendidikan (Konsep, Prinsip, dan Aplikasi dalam Mengelola sekolah dan Madrasah). In Universitas Pendidikan Indonesia. Kaukaba.

Manopo, R. I., Wowor, H. F., & Lumenta, A. S. M. (2016). Perancangan Aplikasi Help Desk Di UPT-TIK Unsrat. Jurnal Teknik Informatika, 8(1), 57–63.

Oktarino A. (2015). Perancangan Sistem Nformasi Rekam Medis Pasien Pada Klinik Bersalin Kasih Ibu Menggunakan Metode Waterfall. SCIENTIA JOURNAL No.3, 4(3), 239–247.

Prof. Dr. Suryana, Ms. (2012). Metodologi Penelitian : Metodologi Penelitian Model Prakatis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. In Universitas Pendidikan Indonesia. Universitas Pendidikan Indonesia.

Puspitasari, D., Rahmad, C., & Astiningrum, M. (2016). Normalisasi Tabel Pada Basisdata Relasional. Prosiding SENTIA, 8(1), 340–345.

Satya, I. G., Putra, K., Rusdianto, D. S., & Amalia, F. (2019). Pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Layanan dan Keluhan ( Studi Kasus : Pengelola Sistem Informasi , Infrastruktur TI dan Kehumasan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya ). 3(6), 5895–5901.

Wicaksono, S. R. (2017). Rekayasa Perangkat Lunak - Soetam Rizky Wicaksono - Google Buku. Seribu Bintang.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v2i03.1220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.