Perancangan Sistem Aplikasi Kependudukan Kelurahan Gandul Berbasis Java Desktop

Ahmad Rizal, Rudi Prasetya

Abstract


Sistem aplikasi pendataan penduduk dikelurahan sampai saat ini masih banyak yang menggunakan sistem manual yaitu menggunakan Microsoft excel, dimana data-data serta berkas-berkas penduduk masih banyak yang berbentuk arsip atau dokumen. Hal ini menimbulkan beberapa kendala yang cukup merepotkan, terutama pada pencarian data yang cukup lama, danpenyimpanan data lama yang tidak beraturan sehingga terjadi pertumpukan berkas pada kantor kelurahan.Adapun tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk merancang sistem yang dapat memudahkan admin kelurahan dalam melayani masyarakat agar lebih cepat dan efisien, sehingga dengan adanya sistem aplikasi kependudukan kelurahan Gandul yang berbasis java desktopdapat mambantu staf dan admin kelurahan dalam melayani penduduk.Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk membantu kelurahan Gandul agar terkomputerisasi dengan menggunakan metode grounded research, dimana metode grounded research mengharuskan membuat sebuah perancangan sistem informasi berdasarkan fakta dan data dilapangan. Sistem aplikasi kelurahan Gandul ini dirancang dengan menggunakan NetBeans IDE 8.0.2, xampp dimana phpMYAdmin sebagai operator database, MySQL sebagai database.Sistem aplikasi ini dirancang dengan alur dan desain antarmuka yang sederhana sehingga admin kelurahan lebih mudah menggunakan sistem aplikasi ini.Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu admin kelurahan dalam hal pengelolaan data kependudukan pada kelurahan Gandul.


Keywords


Application systems, Population, Java desktop

Full Text:

PDF

References


Andi, J. (2015). Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted – Global Positioning System ( A-GPS ) Dengan Platform Android. Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (KOMPUTA), 1(1), 1–8. elib.unikom.ac.id/download.php?id=300375

Arif, M. (2016). Bahan Ajar Rancangan Teknik Industri. Deepublish.

Barokati, A. A. (2018). Perancangan Sistem Informasi Kependudukan RT012/02 Kelurahan Gandaria Selatan Berbasis Java. Universitas Indraprasta PGRI.

Faqih, A. (2010). Kependudukan: Teori, Fakta dan Masalah. Deepublish.

Fujiyati, Y., & Sukadi. (2015). Sistem Informasi Pengolahan Data Kependudukan. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 7(1), 1–15. http://ijns.org/journal/index.php/speed/article/view/1303

Iriani, D. P. dan S. (2013). Sistem Informasi Data Penduduk Pada Desa Bogoharjo Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Indonesian Journal on Networking and Security, 2.

Isabella. (2019). Perancangan Sistem Pengolahan Data Penduduk pada Kelurahan Cipedak Jakarta Selatan. Universtitas Indraprasta PGRI.

Nofriansyah, D. (2018). Penelitian kualitatif: analisis kinerja lembaga pemberdayaan masyarakat kelurahan (2 Revisi). Deepublish.

Pauziah, U. (2013). Perancangan Sistem Pendataan Penduduk Pada Kelurahan Cililitan Jakarta Timur Berbazis Delphi. Faktor Exacta 6(3): 189-199, 6(3), 189–199.

Tyoso, J. S. P. (2016). Sistem Informasi Manajemen (1st ed.). Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v2i03.1197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.