Sistem Informasi Pengolahan Data Administrasi Pasien pada Klinik Pratama Pelabuhan Cirebon

Dede Sutanto, Reza Avrizal, Risma Nurul Auliya

Abstract


Seiring dengan perkembangan teknologi, pemanfaatan komputer sebagai suatu alat bantu untuk menghitung, menyimpan informasi dalam jumlah besar, serta mengambil data secara random dan secuential dalam waktu yang cepat menjadi hal yang sangat penting. Penggunaan komputer dapat meminimalkan potensi kesalahan dalam pengolahan data dibandingkan pengolahan data secara manual. Pada dasarnya komputer adalah suatu peralatan mekanik yang digunakan untuk melakukan pengolahan data, berdasarkan program yang dibuat oleh seseorang, sehingga menghasilkan informasi yang diinginkan dengan cepat dan mudah. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membangun sistem informasi pengolahan data administrasi pasien pada Klinik Pratama Pelabuhan Cirebon untuk mengolah data-data yang berhubungan dengan keadaan pasien, registrasi pasien, data rekam medis pasien, serta data pembayaran pengobatan pasien, adapun teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini dapat meningkatkan kinerja dari staf administrasi, dokter, serta sebagian karyawan Klinik.


Keywords


Sistem Informasi, Administrasi Pasien, Java

Full Text:

PDF

References


Anggara, S. (2012). Ilmu Administrasi Negara: Kajian Konsep, Teori, dan Fakta Dalam Upaya Menciptakan Good Governance (Vol. 1). CV Pustaka Setia.

Azwar, A. (1996). Pengantar administrasi kesehatan.

Indrajani, I. (2010). Analisis dan Perancangan Sistem Basis Data pada Rumah Sakit. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications. https://doi.org/10.21512/comtech.v1i1.2226

Jogiyanto, H. M. (2007). Sistem informasi keperilakuan. Yogyakarta: Andi Offset.

Ladjamudin, A.-B. Bin. (2013). Analisis dan Desain Sistem Informasi: Graha Ilmu. Yogyakarta.

Sumardi, S., Lina, I. M., & Parwatiningtyas, D. (2020). Sistem Administrasi Klinik Harapan Ibu Berbasis Java Netbeans. Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 1(03).

Sutabri, T. (2012). Analisis sistem informasi. Penerbit Andi.

Utami, L. A. (2015). Sistem Informasi Administrasi Pasien pada Klinik Keluarga Depok. Konferensi Nasional Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (KNIT).

Widyantoro, W. T. R. Y. (2017). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN PADA KLINIK ANNISA DI CIRACAS SKRIPSI.

Yakub. (2014). Pengantar Sistem Informasi. Igarss 2014. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v2i03.1193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.