Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan pada UD Rumpun Tani

Dita Rizky Ananda, Rini Amalia, Fitria Sari Hasanusi

Abstract


Permasalahan dari sistem penjualan benih sayuran di UD RumpunTani yaitu lambatnya dalam pencarian data barang, proses pembuatan laporan serta sering terjadinya kesalahan perhitungan dalam melakukan proses transaksi yang diakibatkan karena sistem yang diterapkan masih konvensional, yaitu secara tertulis. Seiring dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih, computer telah mendorong terjadinya perubahan ilmu, baik dalam kajian ataupun implementasi dilapangan. Peran teknologi computer sangat diperlukan oleh berbagai perusahaan. Mengingat kebutuhan akan peningkatan efisiensi dan efektivitas dari setiap kegiatan dalam instansi tidak dapat diukur dan dilakukan secara cepat dan akurat tanpa adanya dukungan teknologi tersebut. Akurasi data, kecepatan waktu dan relevansi menjadi penentu kualitas informasi yang dihasilkan. Tujuan dari sistem ini untuk mempercepat dalam pencarian data barang, proses pembuatan laporan serta mengatasi kesalahan perhitungan dalam proses transaksi. Hasil dari penelitian ini yaitu menciptakan aplikasi untuk penjualan benih sayuran yang efektif dan efisien.


Keywords


Sistem Informasi, Penjualan, Benih Sayuran, Java

Full Text:

PDF

References


Agusvianto, H. (2017). Sistem Informasi Inventori Gudang Untuk Mengontrol Persediaan Barang Pada Gudang Studi Kasus : PT.Alaisys Sidoarjo. JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology), 40-46.

Hanhan Hanafiah Solihin, A. A. (2017). Rancang Bangun Sitem Informasi Penjualan, Pembelian dan Persediaan Suku Cadang pada Bengkel Tiga Motor Putra Garut. INFOTRONIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Elektronika), 107-115.

Jogiyanto. (2015). Diambil kembali dari Kumpulan Pengertian: http://www.kumpulanpengertian.com /2015/04/pengertian-data-flow-diagram-dfd.html

Jogiyanto. (2016). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi

Mauluddin Nakya Santini, S. (2017). Sistem Informasi Persediaan Dan Penjualan Barang Berbasis Desktop Di D-Net House. Jurnal UNIKOM.

Kadir, Abdul. (2014). Belajar Database Menggunakan MySQL. Yogyakarta: Andi

Kadir, Abdul. (2014). Pemrograman Database MySQL Untuk Pemula. Yogyakarta:Mediakom

Mujiati, H. (2014). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Stok Obat Pada Apotek Arjowinangun Hanik Mujiati. Jurnal Informatika, 24-28.

Nurul Muthia, H. A. (2019). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN DENGAN MODEL WATERFALL BERBASIS JAVA DESKTOP. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer), 15-22.

Pressman. (2012). Pengantar Perancangan Sistem. Jakarta: Erlangga

Pressman, R. S. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak.

Rini, N. (2010). Sistem Informasi Penjualan Barang pada Toko Sumber Urip. IT SMART.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v2i03.1145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.