Implementasi Metode Iterative Incremental pada Sistem Administrasi Organisasi Gerakan Antasari Sedekah Jakarta

Wanda Novianti, Rini Amalia, Fitria Sari Hasanusi

Abstract


Gerakan Antasari Sedekah  merupakan organisasi yang bergerak pada beberapa aspek yang berfocus di aspek sosial dan aspek agama yang dekat dengan kehidupan sehari-hari khususnya ke donasi. Sistem pengolahan administrasi yang sedang berjalan pada organisasi. Gerakan Antasari Sedekah masih manual mengakibatkan ketidakefektifan dan ketidakakuratan data yang tersimpan, untuk itu dirancanglah sebuah sistem terkomputerisasi berbasis desktop untuk mempermudah kinerja pengurus organisasi Gerakan Antasari Sedekah dalam pengelolaan data donasi, data donatur, dan data kegiatan penyaluran donasi. Selain mempermudah kinerja, sistem administrasi ini dirancang dengan tujuan untuk mengamankan data-data ke dalam sebuah sistem database untuk menghindari kerusakan atau kehilangan data. Dalam perancangan sistem ini digunakan metode pengembangan sistem adalah metode iterative incremental, dimana aplikasi dibangun melalui empat tahapan yaitu analisa, desain, implementasi, dan pengujian, serta beberapa tahapan penambahan atau inkremental yang disesuaikan dengan kebutuhan user. Memiliki user interface yang mudah dipahami oleh user yang dihasilkan dari beberapa tahapan metode iterative incremental dan berbasis desktop, menjadikan sistem administrasi ini mudah digunakan oleh user dan sesuai dengan kebutuhan user.


Keywords


donasi, donatur, iterative incremental, administrasi

Full Text:

PDF

References


Estiana, Pela. (2018). Perancangan sistem informasi pengolahan data sumbangan donatur pada forum kalijambe foundation (FKF) di Desa Kalijambe, Tegal.

Hamali, A. Y., & Budihastuti, E. S. (2019). Pemahaman Praktis Administrasi, Organisasi, dan Manajemen: Strategi Mengelola Kelangsungan Hidup Organisasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Hidayat, A. T., Gumilang, S. F. S., & Hasibuan, M. A. (2019). Pengembangan Aplikasi Android “dikampus” Untuk Manajemen Warung Dan Pesanan Menggunakan Metode Iterative Incremental (studi Kasus Layanan Pesan Antar Makanan Untuk Wilayah Kampus Universitas Telkom). Sistem Informasi, 6(2), 8075–8078.

Indrajani. (2011).Perancangan basis data dalam all in 1. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Perestroika, Yuris Sucio, dkk. (2018). Pengembangansistem informasi penggalangan donasi pada yayasan gerakan nurani orang tua asuh (GN-OTA) Kabupaten Lumajang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(5),1834-1835

Rahayu, Ocktia Dwi. (2018). Perancangan sistem administrasi zakat, infaq, dan shodaqoh (ZIS) pada Lembaga Amil Zakat Nahwa Mur Cibinong Bogor berbasis java.

Roger, S. Pressman. (2012).Rekayasa perangkat lunak (pendekatan. praktisi). Edisi 7 : Buku 1. Yogyakarta: Andi.

Shalahuddin, M., & Rosa, A. S. (2014). Rekayasa perangkat lunak: Terstruktur dan berorientasi objek. Bandung: Informatika.

Soewadji, Jusuf. (2012). Pengantar metodologi peneletian. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Susantoputra, Heru, dkk. (2015). Bijak memberdayakan uang plastik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.30998/jrami.v2i03.1114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.